Show simple item record

dc.contributor.advisorSimanjuntak, Megawati
dc.contributor.authorSudrajat, Ajat
dc.contributor.authorAdha, Faizul Ainul
dc.contributor.authorMubarokah, Ulfah
dc.contributor.authorNurlaelasari, Nunung
dc.contributor.authorHandayani, Iqun Noor
dc.date.accessioned2015-01-30T06:52:56Z
dc.date.available2015-01-30T06:52:56Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73803
dc.description.abstractKonsumen merupakan pelanggan, pemakai, pembeli dan pengambil keputusan terakhir dari suatu produk. Banyaknya kasus mengenai masih beredarnya produk dengan atribut tidak lengkap seperti tidak tercantumnya expired pada produk. Tingginya jumlah pasar bebas di Indonesia membuat konsumen semakin leluasa memilih produk. Kondisi tersebut menyebabkan posisi konsumen menjadi lemah dibandingkan pelaku usaha. Tetapi, sangat minim sekali orang yang peka dengan kasus seperti ini. Oleh karena itu, dibuat sebuah program edukasi yang diberi nama PAK CAMAT. Program ini dilengkapi dengan instrumen berupa permainan edukatif dalam bentuk software dan hardware. Kegiatan yang telah dilakukan dibagi kedalam dua bentuk kegiatan yaitu kegiatan langsung dan kegiatan partisipaasi. Kegiatan langsung berupa Pre dan Post Test, Sosialisasi Pak Camat, Demonstrasi Permainan Pak Camat, Training of Trainer, Kunjungan ke Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Lomba Photography dan Aransemen Jingle Konsumen Cerdas, Lomba Cerita Inspiratif, Praktek Hak dan Kewajiban Konsumen, Gerakan Aksi Konsumen Cerdas, Sosialisasi kegiatan program Pak Camat pada peserta Kuliah Kerja Profesi (KKP), Festival dan Pemilihan Duta Konsumen, Kampanye program Pak Camat melalui Siaran di Radio RRI Bogor, Media Sosial, mahasiswa, dan masyarakat umum Publikasi kegiatan Pak Camat di Shanghai International Conference and Social Science (SICSS), dan di daerah Kuliah Kerja Profesi, serta Pemantauan dan Evaluasi. Sedangkan kegiatan partisipasi berupa Peringatan Hari Konsumen Nasional dan Seminar Family and Consumer Day. Berdasarkan hasil post test, terjadi peningkatan pengetahuan remaja tentang label produk, hak dan kewajiban konsumen dari 15 persen menjadi 85 persen setelah adanya pencerdasan konsumen melalui publikasi kegiatan Pak Camat.en
dc.description.sponsorshipDIKTIen
dc.language.isoid
dc.publisherBogor Agricultural University, Institut Pertanian Bogor
dc.title“Pak camat” program edukasi konsumen cerdas, cermat dan tanggap dalam upaya membentuk konsumen tangguh yang sadar hak dan kewajibannyaen
dc.typeOtheren
dc.subject.keywordEdukasien
dc.subject.keywordKonsumenen
dc.subject.keywordPak Camaten


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record