View Item 
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Pengabdian kepada Masyarakat
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Pengabdian kepada Masyarakat
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      “Pak camat” program edukasi konsumen cerdas, cermat dan tanggap dalam upaya membentuk konsumen tangguh yang sadar hak dan kewajibannya

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (927.6Kb)
      Date
      2014
      Author
      Sudrajat, Ajat
      Adha, Faizul Ainul
      Mubarokah, Ulfah
      Nurlaelasari, Nunung
      Handayani, Iqun Noor
      Simanjuntak, Megawati
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Konsumen merupakan pelanggan, pemakai, pembeli dan pengambil keputusan terakhir dari suatu produk. Banyaknya kasus mengenai masih beredarnya produk dengan atribut tidak lengkap seperti tidak tercantumnya expired pada produk. Tingginya jumlah pasar bebas di Indonesia membuat konsumen semakin leluasa memilih produk. Kondisi tersebut menyebabkan posisi konsumen menjadi lemah dibandingkan pelaku usaha. Tetapi, sangat minim sekali orang yang peka dengan kasus seperti ini. Oleh karena itu, dibuat sebuah program edukasi yang diberi nama PAK CAMAT. Program ini dilengkapi dengan instrumen berupa permainan edukatif dalam bentuk software dan hardware. Kegiatan yang telah dilakukan dibagi kedalam dua bentuk kegiatan yaitu kegiatan langsung dan kegiatan partisipaasi. Kegiatan langsung berupa Pre dan Post Test, Sosialisasi Pak Camat, Demonstrasi Permainan Pak Camat, Training of Trainer, Kunjungan ke Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Lomba Photography dan Aransemen Jingle Konsumen Cerdas, Lomba Cerita Inspiratif, Praktek Hak dan Kewajiban Konsumen, Gerakan Aksi Konsumen Cerdas, Sosialisasi kegiatan program Pak Camat pada peserta Kuliah Kerja Profesi (KKP), Festival dan Pemilihan Duta Konsumen, Kampanye program Pak Camat melalui Siaran di Radio RRI Bogor, Media Sosial, mahasiswa, dan masyarakat umum Publikasi kegiatan Pak Camat di Shanghai International Conference and Social Science (SICSS), dan di daerah Kuliah Kerja Profesi, serta Pemantauan dan Evaluasi. Sedangkan kegiatan partisipasi berupa Peringatan Hari Konsumen Nasional dan Seminar Family and Consumer Day. Berdasarkan hasil post test, terjadi peningkatan pengetahuan remaja tentang label produk, hak dan kewajiban konsumen dari 15 persen menjadi 85 persen setelah adanya pencerdasan konsumen melalui publikasi kegiatan Pak Camat.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73803
      Collections
      • PKM - Pengabdian kepada Masyarakat [251]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository