View Item 
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Kewirausahaan
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Kewirausahaan
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      “Warung ramadhan” sebagai pelepas rindu kuliner bulan ramadhan dan sebagai alternative pilihan produk diversifikasi pangan

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (1.725Mb)
      Date
      2014
      Author
      Zulkipli, Alyas
      Sari, Emma Amalia
      Rifal, Muhammad
      Rahman, Fathur
      Sa'adah, Nurus
      Sarianti, Tintin
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Ramadhan acap kali dikatakan sebagai bulan Berkah, terlebih bagi para pedagang dalam mengais rezeki. Hal tersebut dilihat dari banyaknya kuliner khas Ramadhan yang dijual selama bulan Ramadhan. Akan tetapi proses penjualan kuliner khas Ramadhan tersebut hanya berlangsung sebatas bulan Ramadhan saja. Berdasarkan permasalahan tersebut maka terciptalah ide kewirausahaan kami dengan judul “Warung Ramadhan” sebagai pelepas rindu kuliner bulan ramadhan dan sebagai alternative pilihan produk diversifikasi pangan”. “Warung Ramadhan” merupakan sebuah jenis wirausaha dalam bidang makanan yang menyediakan kuliner khas ramadhan, seperti kolak pisang dan kolak ubi jalar.Tujuan program ini adalah (1) Alternatif pilihan produk diversifikasi pangan yang berpotensi untuk meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia. (2) Menjadi salah satu alternatif peluang usaha sehingga akan terciptanya lapangan pekerjaan baru. (3) Menumbuhkan kretivitas dan jiwa kewirausahaan melalui program ini. (4) Memenuhi permintaan konsumen akan kuliner khas ramadhan yang target pemasarannya pada selain bulan ramdhan. Melalui konsep kuliner bulan Ramadhan dan upaya diversifikasi pangan,diharapkan mampu menjadi tonggak keberhasilan tujuan program ini. Hal itu disebabkan oleh keunikan dan ciri khas suasana Ramadhan juga cita rasa kuliner khas Ramadhan yang sudah tak asing lagi bagi khalayak umum, apalagi upaya diversifikasi pangan yang dilakukan, sehingga memberikan nilai tambah bagi produk “Warung Ramadhan” ini. Produk yang ditawarkan warung ramadhan diantaranya adalah Kolak Ubi Jalar, Kolak Ubi Camping, dan Sate Kurma. Produk tersebut merupakan produk jangka pendek dengan arti tidak menutup kemungkinan bahwa akan ditambah varian produk kuliner ramadhan pada warung ramadhan ini. Harga produk “Warung Ramadhan” yang ditawarkan kepada konsumen adalah harga yang terjangkau di berbagai kalangan masyarakat. Untuk produk kolak ubi jalar, kolak ubi Camping dan sate kurma ini dijual seharga Rp. 6000/cup atau per kotak.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73517
      Collections
      • PKM - Kewirausahaan [439]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository