Show simple item record

dc.contributor.advisorKurnia, Anang
dc.contributor.advisorSumertajaya, I Made
dc.contributor.authorMongi, Charles E.
dc.date.accessioned2014-12-04T02:58:53Z
dc.date.available2014-12-04T02:58:53Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/70836
dc.description.abstractPendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi setiap individu mulai dari usia dini sampai usia lanjut. Jenjang pendidikan terdiri dari jenjang pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Kualitas suatu sekolah dapat dilihat dari nilai ujian nasional (UN) dan akreditasi sekolah. Penelitian ini membahas posisi relatif kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat berdasarkan nilai UN dan akreditasi sekolah, penggerombolan sekolah di Provinsi Jawa Barat dan keterkaitan antara nilai UN dan akreditasi sekolah. Data yang digunakan ada dua, (i) nilai UN SMA tahun ajaran 2010/2011. Nilai UN berupa nilai mata ajaran pada program IPA yaitu, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. (ii) nilai akreditasi SMA di Provinsi Jawa Barat sampai dengan Maret 2013. Hasil analisis biplot menghasilkan tujuh kelompok SMA di Jawa Barat. Kelompok pertama terdiri dari Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu berada di rata-rata nilai UN dan akreditasi. Kelompok kedua yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bekasi cenderung rendah dalam nilai UN dan akreditasi. Kelompok ketiga yaitu Kabupaten Karawang dan Kota Depok rendah dalam nilai UN. Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kota Bandung dan Kota Cimahi termasuk kelompok keempat tinggi pada nilai akreditasi. Kelompok kelima yaitu Kota Cirebon, Kota Tasikmalaya dan Kota Banjar tinggi pada nilai UN. Kelompok keenam Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Majalengka tinggi pada nilai UN eksak. Kelompok ketujuh yaitu Kabupaten Bogor rendah pada nilai UN dan Akreditasi. Analisis gerombol untuk sekolah menghasilkan 4 gerombol yaitu sekolahsekolah dengan rata-rata nilai UN cenderung tinggi, sedang, rendah dan sedang pada mata pelajaran eksak. Analisis korespondensi menunjukkan sekolah dengan peringkat akreditasi A cenderung tersebar pada nilai UN yang tinggi dan sedang untuk mata pelajaran eksak. Peringkat akreditasi B cenderung memiliki nilai UN sedang dan rendah. Peringkat akreditasi C cenderung memiliki nilai UN sedang. Sekolah yang memiliki peringkat akreditasi tinggi cenderung tersebar pada nilai UN tinggi, sedang dan rendah.en
dc.language.isoid
dc.subject.ddcMathematicsen
dc.subject.ddcMathematical Analysisen
dc.subject.ddc2014en
dc.titlePenggerombolan dan Pemetaan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat Berdasarkan Nilai Ujian Nasional SMA dan Akreditasi Sekolahen
dc.subject.keywordAkreditasien
dc.subject.keywordBiploten
dc.subject.keywordGerombolen
dc.subject.keywordKorespondensien
dc.subject.keywordNilai Ujian Nasionalen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record