Tren Flavor Produk Pangan di Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand
Date
2014-04Author
Lisa Norisza Sjahwil
Nuri Andarwulan
Purwiyatno Hariyadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan tren flavor dari produk-produk pangan yang diluncurkan di 4 negara ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand pada tahun 2006-2010. Penelitian ini mengolah data sekunder dari sumber data Mintel, Euromonitor dan Datamonitor. Data pendukung lainnya adalah pustaka yang berhubungan dengan peluncuran produk, demografi, serta informasi kuliner. Produk yang diluncurkan memiliki korelasi positif dengan Produk Domestik Bruto (PDB) (R2=0.796). Lima kategori pangan terbanyak dari produk yang diluncurkan yaitu minuman ringan tidak beralkohol, bakeri, saus dan bumbu, makanan ringan, dan produk susu dan analognya. Urutan 1 sampai 4 kategori pangan untuk produk yang diluncurkan di setiap negara terdapat sedikit perbedaan. Rangking selanjutnya untuk kategori pangan di Malaysia adalah produk susu dan analognya, di Indonesia adalah makanan bayi, Filipina dengan kembang gula dan gum, sedangkan Thailand dengan pangan campuran atau komposit. Perbedaan tersebut erat kaitannya dengan faktor sosial ekonomi. Tren flavor pada minuman ringan tidak beralkohol didominasi rasa buah dan cokelat; pada produk bakeri didominasi rasa cokelat, stroberi, vanila, dan susu (seperti keju, susu, dan mentega); pada produk saus dan bumbu, didominasi rasa pedas (chilli-pepper), soy sauce, tomat, barbeque; pada makanan ringan didominasi rasa keju, barbeque, spice/spicy; dan pada produk susu dan analognya, didominasi rasa cokelat, stroberi, dan vanila