Show simple item record

dc.contributor.advisorSimangunsong, Bintang C.H.
dc.contributor.authorWulandari, Rizka Asti
dc.date.accessioned2013-11-22T07:13:38Z
dc.date.available2013-11-22T07:13:38Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/66172
dc.description.abstractIndustri pulp dan kertas merupakan salah satu industri yang memegang peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Pada pasar dunia, industri pulp dan kertas Indonesia memperlihatkan perkembangan yang cukup baik dalam satu dekade terakhir, yaitu pada tahun 2002 menempati peringkat 12 sebagai eksportir kertas dan meningkat ke peringkat 9 pada tahun 2011. Sementara untuk produk pulp, Indonesia tetap bertahan di peringkat 6 sebagai eksportir pulp dunia pada periode tersebut (FAO 2013). Di lain pihak, dominasi dari negara-negara NORSCAN mulai berkurang dan bergeser ke Asia dan negara-negara Amerika Latin (Agro Kemeneperin 2009). Indonesia harus mampu memanfaatkan peluang tersebut dengan baik sebab persaingan global semakin keras dan persyaratan yang diterapkan juga semakin lama semakin ketat. Isu tentang perdagangan dan lingkungan bertema Green Economic yang terus diusung dan digalakkan oleh dunia Internasional. Indonesia perlu meningkatkan dayasaingnya agar produk tersebut dapat bertahan di pasar internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dayasaing produk pulp dan kertas Indonesia, khususnya chemical wood pulp, newsprint, printing-writing paper dan other paper-paperboard di pasar internasional, untuk periode 2002-2011. Indeks Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) dihitung untuk menentukan keunggulan komparatif dan kompetitif, berturut-turut. Teknik Constant Market Share (CMS) digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi dayasaing produk tersebut. Hasil penelitian menunjukkan semua produk memiliki keunggulan komparatif. Produk printing-writing paper dan chemical wood pulp memiliki keunggulan komparatif sangat kuat, newsprint memiliki keunggulan komparatif yang kuat sedangkan other paper-paperboard memiliki keunggulan komparatif moderat. Selain itu, indeks ISP menunjukkan semua produk memiliki keunggulan kompetitif. Produk newsprint dan printing and writing paper berada pada tahap pematangan ekspor, sedangkan chemical wood pulp dan other paper and paperboard pada tahapan perluasan ekspor. Berdasarkan analisis CMS, dalam urutan kepentingannya, pertumbuhan pasar dunia, dayasaing, dan komposisi produk adalah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan dayasaing.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.subjectdayasaing, RCA, ISP, CMSen
dc.subjectCMSen
dc.subjectISP,en
dc.subjectRCAen
dc.subjectdayasaing,en
dc.titleAnalisis Dayasaing Industri Pulp dan Kertas Indonesia di Pasar Internasionalen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record