View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Forestry and Environment
      • UT - Forest Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Forestry and Environment
      • UT - Forest Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Strategi Pemasaran Wana Wisata Kartini Mantingan Kabupaten Rembang Jawa Tengah

      Thumbnail
      View/Open
      fullteks (21.58Mb)
      Date
      2010
      Author
      Wulan, Devie Retno
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Wana Wisata Kartini Mantingan terletak di Kabupaten Rembang dengan menawarkan konsep hutan wisata yang menarik. Perkembangan usaha wisata menuntut usaha Wana Wisata untuk mengembangkan dan memasarkan produk atau jasa yang dibutuhkan telah tersedia dan tentunya berbeda dari para pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk dijalankan oleh Wana Wisata Kartini Mantingan dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan posisi pasar. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan untuk mengkaji lingkungan internal dengan matriks IFE dan lingkungan eksternal dengan matriks EFE. Kedua matriks tersebut digunakan dalam matriks IE yang bertujuan untuk melihat posisi perusahaan saat ini. Adapun perumusan alternatif strategi dilakukan dengan analisis SWOT. Pengambilan keputusan dalam perumusan strategi menggunakan analisis matriks QSPM. Hasil perhitungan matriks IFE diperoleh total skor sebesar 2,662 yang menunjukkan bahwa Wana Wisata Kartini Mantingan secara organisasi internal dapat dikatakan dalam kondisi rata-rata dan mampu memanfaatkan kekuatan yang dimiliki serta menutupi kelemahan dengan baik. Sedangkan hasil perhitungan matriks EFE menghasilkan skor sebesar 2,543 mengindikasikan bahwa respon yang diberikan Wana Wisata Kartini Mantingan kepada eksternal tergolong sedang dalam menjalankan strategi untuk menarik keuntungan dari peluang dan menghindari ancaman. Berdasarkan matriks QSPM yang memetakan empat alternatif strategi diantaranya : strategi SO, strategi ST, strategi WO, dan strategi ST. Strategi SO terpilih sebagai strategi terbaik dengan total bobot skor tertinggi yaitu 6,905. Strategi ini berupa mempertahankan posisi sebagai tempat wisata yang memiliki SDA potensial, lokasi strategis dan mudah dijangkau sekaligus mengikutsertakan dan bekerjasama dengan masyarakat sekitar dalam mengembangkan “kampung wisata alam, budaya dan pendidikan”.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63494
      Collections
      • UT - Forest Management [3201]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository