View Item 
      •   IPB Repository
      • IPBana
      • Published by Others
      • Faculty of Human Ecology
      • View Item
      •   IPB Repository
      • IPBana
      • Published by Others
      • Faculty of Human Ecology
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Perubahan Pengetahuan Makanan Tradisional Gorontalo Dalam Tiga Generasi

      Thumbnail
      View/Open
      Full Text (10.76Mb)
      Date
      2012
      Author
      Napu, Arifasno
      Syarief, Hidayat
      Tanziha, Ikeu
      Minarto
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Sekarang ini makanan tradisional sudah mulai kurang dikenal dan bahkan ditinggalkan oleh generasi muda termasuk di Rorontalo. Dalam mengantisipasinya, di Gorontalo telah dilaksanakan kebijakan pelestarian dan pengembangnnya melalui mata pelajaran muatan local (mulok) ilmu gizi berbasis makanan tradisional Gorontalo (MTG) di pendidikan dasar (SD, SMP) dan menengah (SM/SMK). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengetahuan MTG pada 3 generasi yaitu pada siswa yang menerima mulok dan tidak mulok, ibu siswa SMP kelas IX yangsedang bersekolah di Provinsi Gorontalo, mempunyai ibu dan nenek, suku Gorontalo serta serumah dengan ibunya. Penentuan contoh dilakukan dengan cara stratified random sampling karena populasi terdiri siswa yang mendapat mulok dan tidak mulok. Secara purposive ditentukan contoh SMP yang terdiri 2 sekolah mulok dan 2 tidak mulok di kabupaten/kota yang mempunyai kesamaan letak geografi dan tingkat akreditasi. Provinsi Gorontalo mempunyai 6 daerah kabupaten/kota sehingga contoh sekolah berjumlah 24 SMP (12 sekolah mulok dan 12 tidak mulok) dan setiap sekolah diwakili oleh 13 contoh siswa. ada 6 kategori pengetahuan MTG yaitu nama, jenis makanan, bahan yang digunakan, kandungan gizi, cara membuat, dan penggunaaannya. Pengatahuan MTG siswa mulok dan tidak mulok adalah berbeda nyata (p<0,05). Pengatahuan MTG ibu siswa mulok dan tidak mulok adalah tidak berbeda nyata, demikian juga terjadi pada pengetahuan nenek siswa tidak berbeda nyata (p<0,05). perbedaab yang mencolok pada pengetahuan kandungan gizi MTG karena berkaitan dengan pendidikan contoh juga karena pembelajaran mulok ilmu gizi berbasis MTG. Keseluruhan pengatahuan MTG antara siswa, ibu dan nenek siswa berbeda dan ini menunjukkan perubahan pada tiga generasi tersebut. dapat disimpulkan bahwa semakin muda usia semakin rendah pengetahuan MTG yang dimilikinya
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60695
      Collections
      • Faculty of Human Ecology [214]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository