Show simple item record

Potensi Tumbuhan Berguna di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim Provinsi Riau (Studi Kasus di Wilayah Bagian Kelurahan Muara Fajar Kecamatan Minas Kabupaten Siak)

dc.contributor.advisorSiswoyo
dc.contributor.advisorHikmat, Agus
dc.contributor.authorNurdia, Febbi
dc.date.accessioned2013-02-05T03:54:04Z
dc.date.available2013-02-05T03:54:04Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60321
dc.description.abstractSultan Syarif Hasyim Grand Forest Park (TAHURA SSH) Province Riau also directly adjacent to residential area, which interaction of it is enable. For that, there should identification of the potential for useful plant and plant utilization by surrounding community, especially in area village Muara Fajar sub-district Minas regency Siak. The advantage can be data for surrounding community and manager of TAHURA SSH. The method performed include of vegetation analysis, making herbarium, interviews, and literature study. Based on the result vegetation analysis showed that identified about 135 spescies from 52 family. 68 species (51%) has been shown tu use and has been grouped in to 11 grouped used, where the species were found most of the work for medicine and building material. Meanwhile, the result of interviews with the surrounding community has identified about 99 species from 46 family and all of doesn’t from TAHURA SSH area and each has been grouped in to 11 groups used, where the species were found most of the work for food and medicine. Based on the compotition of the habitus which dominates most of tree. The most dominant family of the result vegetation analysis in TAHURA SSH was Dipterocarpaceae and Fabaceae also Euphorbiaceae, Fabaceae and Poaceae for interviews with surrounding community. The conclusion of the research indicated that potential alternative use of Herbs in TAHURA SSH is higher than previous research also plant utilization by the surrounding community doesn’t from in region. The existenced of the plant utilization doesn’t from TAHURA SSH area and show that there has been interaction relatively low. Therefore, the possibility of forest damaged can be small.en
dc.description.abstractTaman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim (TAHURA SSH) Provinsi Riau merupakan salah satu kawasan konservasi yang berbatasan langsung dengan pemukiman penduduk sehingga dimungkinkan terjadinya interaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi tumbuhan berguna dan pemanfaatan tumbuhan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar kawasan TAHURA SSH, terutama masyarakat Kelurahan Muara Fajar Kecamatan Minas Kabupaten Siak. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi masyarakat sekitar kawasan dan pihak pengelola TAHURA SSH. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, analisis vegetasi, pembuatan herbarium, wawancara, dan kajian pustaka. Hasil analisis vegetasi teridentifikasi sebanyak 135 spesies tumbuhan dari 52 famili. Sebanyak 68 spesies (51%) dari 38 famili merupakan tumbuhan berguna dan dikelompokkan ke dalam 11 kelompok kegunaan. Kelompok kegunaan terbesar adalah tumbuhan obat dan tumbuhan penghasil bahan bangunan. Hasil wawancara diperoleh sebanyak 99 spesies dari 46 famili tumbuhan yang diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat dan semuanya tidak berasal dari dalam kawasan TAHURA SSH. Masing-masing spesies tersebut telah dikelompokkan ke dalam 11 kelompok kegunaan dan kelompok kegunaan terbesar yang dimanfaatkan oleh masyarakat adalah tumbuhan pangan dan tumbuhan obat. Habitus yang paling mendominasi adalah pohon serta famili yang mendominasi di kawasan TAHURA SSH adalah Dipterocarpaceae dan Fabaceae sedangkan famili yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar adalah Euphorbiaceae, Fabaceae, dan Poaceae. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa potensi tumbuhan berguna di TAHURA SSH tergolong cukup tinggi dibanding penelitian yang dilakukan sebelumnya serta pemanfaatan tumbuhan yang dilakukan oleh masyarakat tidak berasal dari dalam kawasan. Hal ini menunjukkan bahwa interaksi terhadap pemanfaatan tumbuhan tergolong rendah sehingga diharapkan kerusakan hutan dapat diminimalisir.
dc.publisherIPB ( Bogor Agricultural University )
dc.subjectGrand Forest Parken
dc.subjectSultan Syarif Hasyimen
dc.subjectPotentialen
dc.subjectPlanten
dc.subjectUtilizationen
dc.subjectInteractionen
dc.titlePotential Alternative Use of Herbs in Sultan Syarif Hasyim Grand Forest Park Province Riau (Case Study in area Village Muara Fajar Sub-district Minas Regency Siak)en
dc.titlePotensi Tumbuhan Berguna di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim Provinsi Riau (Studi Kasus di Wilayah Bagian Kelurahan Muara Fajar Kecamatan Minas Kabupaten Siak)


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record