Show simple item record

Effectivity of Kepel (Stelechocarpus burahol) Fructus Simplicia on Reducing Ammonia, Trimethylamine, and Phenol Content in Mice (Mus musculus) Faecal.

dc.contributor.advisorMaheshwari, Hera
dc.contributor.advisorSa’diah, Siti
dc.contributor.authorPurba, Nur Adilla Adha
dc.date.accessioned2012-03-28T01:24:07Z
dc.date.available2012-03-28T01:24:07Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53964
dc.description.abstractKepel (Stelechocarpus burahol) was a fruit which found in Indonesia and it was believed can reduce the odor from excreta such as faeces and urine. This research was aimed to show the effect of kepel (Stelechocarpus burahol) fructus simplicia on reducing odor emitted from excreta by ammonia, trimethylamine, and fenol content in mice faecal. Total of 18 mices (Mus musculus) were used in this study. They were devided into 2 groups; negative control group and kepel fruits peel powder treated group. The dose of kepel was 2,6 mg/ gram body weight and was given orally every day for seven days. The collected faeces was analyzed for ammonia and trymethylamine content by titration methode and for phenol content by using spectrophotometry methode. The result showed that kepel signifficantly reduce ammonia content 75,5% and phenol content 42,4 % in faeces after seven days, but it has not signifficant for trimethylamine content.en
dc.description.abstractKepel (Stelecocharpus burahol) atau burahol merupakan salah satu jenis buah yang hanya ditemukan di Indonesia dan sampai saat ini belum dibudidayakan. Secara tradisional, kepel dipercaya memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Buah ini dipercaya dapat digunakan untuk mengurangi bau badan, bau nafas, dan bau air seni. Mencit merupakan salah satu hewan yang sering dijadikan sebagai hewan coba laboratorium karena mencit merupakan hewan yang memiliki kemampuan berkembang biak yang sangat tinggi. Selain itu, mencit juga mudah dipelihara dan reaksi obat yang diaplikasikan ke tubuhnya akan memperlihatkan efek yang cepat. Salah satu masalah yang sering muncul di laboratorium yang menjadikan mencit sebagai hewan coba adalah bau ekskreta yang dihasilkan oleh mencit (feses). Bau ini dikhawatirkan dapat mempengaruhi kesehatan manusia maupun hewan itu sendiri sehingga berdampak pada hasil penelitian yang dihasilkan. Feses yang ditimbulkan dari kotoran berasal dari aktivitas mikroba pada saluran pencernaan yang menghasilkan produk amonia, trimetilamin, senyawa dekomposisi usus (indol, skatol, kresol, fenol, tiol) dan metil merkaptan yang berpotensi menimbulkan bau. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan efek pemberian serbuk buah kepel terhadap penurunan kadar amonia, trimetilamin dan fenol pada feses mencit. Total mencit yang digunakan berjumlah 18 ekor yang dikelompokkan menjadi dua kelompok perlakuan, yaitu kelompok yang diberi serbuk buah kepel dan kelompok yang diberi akuades sebagai kontrol negatif. Dosis yang diberikan adalah 2,6 mg/ gram berat badan melalui oral selama 7 hari. Feses yang diekskresikan dikumpulkan kemudian dianalisa dengan metode titrasi untuk mengetahui jumlah amonia dan trimetilamin, dan menggunakan spektrofotometri untuk mengetahui jumlah fenol. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian serbuk buah kepel pada mencit selama 7 hari dapat menurunkan kadar amonia dalam feses sebesar 75,5%, kadar fenol sebesar 42,4% dan kadar trimetilamin sebesar 75% jika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Namun, penurunan kadar trimetilamin tidak menunjukkan perbedaan yang nyata.
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.subjectkepel fruits peel powderen
dc.subjectammoniaen
dc.subjecttrimethylamineen
dc.subjectphenolen
dc.titleEfektivitas serbuk buah kepel (Stelechocarpus burahol) dalam menurunkan kadar amonia, trimetilamin dan fenol pada feses mencit (Mus musculus)en
dc.titleEffectivity of Kepel (Stelechocarpus burahol) Fructus Simplicia on Reducing Ammonia, Trimethylamine, and Phenol Content in Mice (Mus musculus) Faecal.


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record