Show simple item record

Study of small island utilization based on coastal use suitability and carrying capacity (case on small island cluster of talise coastal community in Nothern Minahasa Regency, Sulawesi Utara Province)

dc.contributor.authorWantasen, Adnan
dc.date.accessioned2010-10-26T02:46:15Z
dc.date.available2010-10-26T02:46:15Z
dc.date.issued2008
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/41235
dc.description.abstractSalah satu pulau kecil yang berada di Provinsi Sulawesi Utara adalah gugus pulau Desa Talise yang berada kurang lebih 60 km dari kota Manado. Pengembangan pulau kecil untuk meningkatkan fungsi pemanfaatannya memerlukan pengelolaan yang khusus. Sumberdaya alam pulau kecil yang meliputi sumberdaya alam itu sendiri, sumberdaya ekonomi-sosial-budaya, memiliki ciri yang khusus dan spesifik. Dengan segala keterbatasan yang ada pada pulau kecil maka pilihan jenis pembangunan yang akan dilakukan pada pulau kecil juga menjadi terbatas. Gugus pulau Desa Talise bahkan merupakan pulau yang sangat kecil dimana pulau ini telah dimanfaatkan untuk berbagai peruntukan seperti untuk aktivitas pertanian, pemanfaatan lahan untuk pemukiman, pemanfaatan untuk kegiatan wisata (bahari atau pantai), pemanfaatan untuk kegiatan perikanan seperti budidaya kerang mutiara dan rumput laut serta pemanfaatan hutan mangrove dan terumbu karang untuk kebutuhan penduduk setempat. Ada beberapa faktor penting yang berperan dalam kajian pemanfaatan gugus pulau Desa Talise yang berbasis kesesuaian dan daya dukung. Metode yang digunakan meliputi beberapa analisis seperti analisis biofisik yang meliputi sumberdaya mangrove dan terumbu karang, sumberdaya air tawar, analisis beban limbah dan kapasitas asimilasi. Selain itu juga analisis sosial-budaya-ekonomi, analisis kesesuaian lahan dan analisis prioritas pemanfaatan pulau kecil yang berbasis kesesuaian dan daya dukung.id
dc.description.abstractTalise islands is one of scattered islands (isle) located in North Sulawesi. A kind of special coastal management is greatly needed to develop the small island in order to increase the function on the uses of natural coastal resources. The natural resources of Talise island both its own natural resources and socio-economic cultural aspect are to be distinctive and special characteristic s in there.hence, it is rather difficult to choice models of development because of its all lackness in the small island. Moreover , Talise island as the smallest island has been utilized for some activities as follows : Tourism resort (marine or beach), Fishery programs such as pearl musel mariculture and seaweed cultivation, as well the uses of wooded mangroves and coral reef for the needs of the around well being cfoastal community.
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleKajian pemanfaatan pulau kecil berbasis kesesuaian dan daya dukung (kasus gugus Pulau Talise, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara)id
dc.titleStudy of small island utilization based on coastal use suitability and carrying capacity (case on small island cluster of talise coastal community in Nothern Minahasa Regency, Sulawesi Utara Province)


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record