Kajian Preferensi Konsumen Terhadap Beras Berlabel di Wilayah Kecamatan Koja, Jakarta Utara
Abstract
Beras merupakan komoditas strategik Indonesia, bila ditinjau dari aspek ekonomi, sosial budaya dan politik, dikarenakan beras merupakan makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Beras juga diproduksi hampir di semua kabupaten/kota di Indonesia dengan total produksi per tahun 58–64 juta ton gabah kering giling (GKG) atau 30,6–31,2 juta ton beras. Hampir seluruh beras yang diproduksi di Indonesia digunakan di dalam negeri guna memenuhi kebutuhan konsumsi penduduk (96,7 % dari total produksi). Sebagian besar yang diperdagangkan di pasar–pasar tradisional merupakan beras yang dijual dalam bentuk curah (per kilogram atau liter). Hanya sebagian kecil beras yang dibeli oleh konsumen akhir diperdagangkan dalam kemasan berlabel dan umumnya diperdagangkan di pasar – pasar modern.
Collections
- MT - Professional Master [887]