View Item 
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Artikel Ilmiah
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Artikel Ilmiah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pemberantasan Buta Aksara dengan Memanfaatkan Games Interaktif dan Handphone

      Thumbnail
      View/Open
      Artikel Ilmiah (105.5Kb)
      Artikel Ilmiah (281.1Kb)
      Date
      2009
      Author
      Wardini, Cici
      Husen, Idham Muhammad
      Damayanti, Trisna
      Furqon, Nur Ahmad Azizul
      Asrianti, Utut Septi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Secara menyeluruh kualitas manusia Indonesia relatif masih rendah. Pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting dalam meningkatkan kualitas manusia. Bogor sebagai daerah penyangga ibukota masih memiliki tingkat penyandang buta aksara yang tinggi. Tingginya angka tersebut mendorong tim penulis sebagai intelektual muda merasa perlu untuk ikut berpartisipasi dalam memberantas buta aksara di wilayah yang masih dalam jangkauan kampus IPB dengan tujuan program (1) Memberikan pengetahuan dasar kemampuan membaca, menulis dan berhitung bagi masyarakat di Kelurahan Cikarawang dengan memanfaatkan games interaktif dan teknologi handphone; (2) Membantu program pemerintah dalam mengentaskan buta aksara khususnya di Kelurahan Cikarawang, Kabupaten Bogor; dan (3) Menumbuhkan minat baca bagi masyarakat khususnya di Kelurahan Cikarawang, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan pertimbangan angka buta aksara yang masih cukup tinggi dan terletak di lingkar kampus IPB. Kegiatan ini berlangsung selama 6 bulan, mulai bulan Februari 2008 hingga Juli 2008. Sasaran langsung kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah warga masyarakat yang buta aksara di Kelurahan Cikarawang baik laki-laki maupun perempuan pada kisaran usia 15 tahun hingga tingkat lanjut usia (lansia), terutama bagi mereka yang sejak awal tidak sempat mengenyam pendidikan dikarenakan berbagai alasan (ekonomi, sosial, budaya, dan geografi). Secara umum bentuk kegiatan yang akan dilakukan adalah pelatihan dengan memberikan pengajaran membaca, menulis dan berhitung micro-teaching dengan memanfaatkan games interaktif dan teknologi handphone agar seluruh anggota dapat berpartisipasi. Proses kegiatan pembelajaran, ada beberapa modifikasi penyampaian belajar. Mulanya disesuaikan dengan proposal awal. Namun, untuk memenuhi standarisasi kompetensi calistung (baca, tulis, hitung) maka kami sesuaikan dengan standar Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Idealnya para peserta yang belajar membaca memerlukan waktu selama 3 (tiga) bulan untuk dapat membaca. Akan tetapi, kemajuan yang luar biasa, bahwa peserta yang ikut dalam pelatihan secara cepat dapat menguasai setiap pertemuan secara baik. Pertemuan yang dilakukan secara intensif diikuti dengan animo masyarakat merupakan salah satu faktor yang menjadi pendukungnya. Tidak hanya itu, bantuan tutor lokal dan keramahan kami sebagai penyelenggara banyak dinilai positif oleh para WB.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/19906
      Collections
      • PKM - Artikel Ilmiah [220]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository