Show simple item record

dc.contributor.advisorSulistyantara, Bambang
dc.contributor.advisorFatimah, Indung Sitti
dc.contributor.authorWulandari, Desi Tri
dc.date.accessioned2025-11-28T06:30:35Z
dc.date.available2025-11-28T06:30:35Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171602
dc.description.abstractFenomena perubahan iklim dan urbanisasi mengakibatkan bencana banjir menjadi ancaman signifikan bagi perkotaan. Kota Bandar Lampung merupakan kota yang rentan terhadap dampak perubahan iklim, karena terletak di wilayah dengan curah hujan yang tinggi. Sehingga memiliki dampak limpasan air yang tinggi dan dapat menimbulkan genangan bahkan banjir. Kejadian banjir di Kota Bandar Lampung sering terjadi di ruas jalan, dengan ketinggian banjir mencapai 0,4 – 1,5 m dengan lama genangan 2 – 3 jam. Hal ini perlu dilakukan upaya mengatasi permasalahan banjir melalui pendekatan infrastruktur lanskap jalan untuk meningkatkan daya serap air hujan, mengurangi limpasan permukaan, dan mempertahankan ruang terbuka hijau (RTH). Penelitian ini berfokus pada lima lanskap jalan di Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung, dengan tingkat pembangunan infrastruktur yang tinggi. Metode yang digunakan adalah analisis spasial dengan Sistem Informasi Geospasial (GIS), metode Gumbel, metode rasional, metode FJ. Mock, dan Water Quality Volume (WQV). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kecamatan Rajabasa memiliki tingkat kerawanan banjir kelas tinggi mencapai 38,49% dari luas total wilayah. Lima ruas jalan menjadi titik banjir menjadi prioritas di Kecamatan Rajabasa. Faktor penyebab terjadinya banjir di ruas jalan Kecamatan Rajabasa karena peningkatan debit air pada saluran drainase yang disebabkan oleh tingginya curah hujan, dalam perhitungan 20 tahun terakhir (2005-2024). Perhitungan neraca air dengan metode FJ Mock, menghasilkan nilai water surplus 321,5 mm. Sistem infrastruktur hijau yang dapat diterapkan pada lokasi yaitu, stormwater tree trench, stormwater bump-out, stormwater planter, bioretention swale, permeable paving, dan permeable asphalt. Implementasi dari infrastruktur hijau pada lanskap jalan di Kecamatan Rajabasa, berpotensi menurunkan limpasan air hujan hingga 28%.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePerencanaan Infrastruktur Hijau Lanskap Jalan sebagai Sarana Mitigasi Banjir di Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampungid
dc.title.alternativeGreen Infrastructure Planning for Road Landscapes as a Flood Mitigation in Rajabasa District, Bandar Lampung
dc.typeTesis
dc.subject.keywordBanjirid
dc.subject.keywordInfrastruktur Hijauid
dc.subject.keywordRuang Terbuka Hijauid
dc.subject.keywordlanskap jalanid
dc.subject.keywordneraca airid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record