Show simple item record

dc.contributor.advisorSaleh, Amiruddin
dc.contributor.authorPUNGGAWA, ANDRE FATWA
dc.date.accessioned2025-08-22T06:30:06Z
dc.date.available2025-08-22T06:30:06Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170059
dc.description.abstractPerkembangan teknologi di era digital saat ini semakin berkembang. Video company profile kini menjadi salah satu alat komunikasi perusahaan untuk berkembang untuk menyebarkan informasi serta memperkenalkan identitas yang berkembang di dalam perusahaan. PT KAI Daop 1 Jakarta sebagai penyedia jasa transportasi publik nasional membutuhkan sebua media yang mampu menyampaikan informasi dengan menarik. Oleh karena itu, video company profile dipilih sebagai media yang mampu menyebarkan informasi dengan memadukan elemen visual dan naratif untuk mendukung citra perusahaan. Kini tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan masyarakat lebih suka dan lebih memilih menonton dan mendengarkan daripada membaca. Hal ini yang mendorong pembuatan proyek akhir video company profile PT KAI Daop 1 Jakarta ini. Selain untuk menyebarkan informasi terkait perusahaan, video ini juga mendukung kegiatan strategis internal maupun eksternal serta memudahkan masyarakat untuk mengetahui gambaran luas tentang PT KAI Daop 1 Jakarta. Pembuatan proyek akhir video company profile ini mencakup 3 tahapan utama, yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Tahapan pra-produksi ini melibatkan proses brainstorming, observasi lokasi, penulisan naskah, serta pembuatan shotlist oleh videografer. Tahap produksi fokus terhadap pengambilan gambar yang menerapkan teknik sinematografi, sedangkan tahap pasca produksi mencakup editing visual, penambahan animasi, penyelarasan voice over, penyesuaian audio serta color grading. Dalam proses penerapan teknik pengambilan gambar pada tahap produksinya, proyek akhir video company profile ini menerapkan berbagai komponen penting dalam teknik sinematografi seperti penerapan camera angle (high level, eye level, low level), type of shot (extreme long shot, long shot, full shot), pergerakan kamera (panning, tracking), pencahayaan alami, dan komposisi gambar (rule of third). Seluruh teknik ini diterapkan dan dikombinasikan untuk menghasilkan video company profile yang informatif dan menarik. Hasil akhir proyek ini adalah menciptakan video company profile yang memiliki pendekatan strategis yang berfokus pada penyampaian informasi secara jelas, akurat, menarik juga dibungkus dengan pendekatan narasi berbasis storytelling menjadi unsur utama dalam video ini. Dengan mengangkat narasi yang mengalir dan menyentuh sisi emosional.
dc.description.abstractThe development of technology in today's digital era is growing. Video company profile is now one of the company's communication tools to develop to disseminate information and introduce the identity that develops within the company. PT KAI Daop 1 Jakarta as a national public transportation service provider needs a medium that is able to convey information attractively. Therefore, the company profile video was chosen as a medium that is able to disseminate information by combining visual and narrative elements to support the company's image. It is now undeniable that most people prefer to watch and listen rather than read. This is what prompted the making of this PT KAI Daop 1 Jakarta company profile video final project. In addition to disseminating information related to the company, this video also supports internal and external strategic activities and makes it easier for the public to know the broad picture of PT KAI Daop 1 Jakarta. The making of this company profile video final project includes 3 main stages, namely pre-production, production, and post-production. The preproduction stage involves brainstorming, location observation, script writing, and shotlist creation by the videographer. The production stage focuses on shooting that applies cinematography techniques, while the post-production stage includes visual editing, adding animation, voice over alignment, audio adjustment and color grading. In the process of applying shooting techniques in the production stage, this company profile video final project applies various important components in cinematography techniques such as the application of camera angle (high level, eye level, low level), type of shot (extreme long shot, long shot, full shot), camera movement (panning, tracking), natural lighting, and image composition (rule of third). All these techniques are applied and combined to produce an informative and interesting company profile video. The final result of this project is to create a company profile video that has a strategic approach that focuses on conveying information clearly, accurately, and interestingly wrapped in a storytelling-based narrative approach as the main element in this video. By promoting a narrative that flows and touches the emotional side of the company.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePenerapan Teknik Pengambilan Gambar dalam Videografi pada Pembuatan Video Company Profile PT KAI Daop 1 Jakartaid
dc.title.alternativeApplication of Shooting Techniques in Videography in the Making of Company profile Video of PT KAI Daop 1 Jakarta
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordCinematographyid
dc.subject.keywordShooting Techniquesid
dc.subject.keywordVideographyid
dc.subject.keywordCompany Profileid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record