View Item 
      •   IPB Repository
      • IPBana
      • Articles
      • Faculty of Economics and Management
      • Economic Science
      • View Item
      •   IPB Repository
      • IPBana
      • Articles
      • Faculty of Economics and Management
      • Economic Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Keragaan Pasar Produk dan Penampilan Usaha Pembenihan serta Pembesaran Lele Dumbo (Clarias gariepinus) (Studi Kasus di Desa Sindumartani, Kecamatar. Ngemp!ak dan Desa Sumberagung, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta).

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (3.704Mb)
      Abstract (249.2Kb)
      Date
      2001
      Author
      Subanu, Romy
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis pola saluran pemasaran lele dumbo di lokasi penelitian, (2) Menganalisis struktur dan perilaku pasar serta kontribusi marjin pemasaran pada saluran pemasaran yang ada di lokasi penelitian, dan (3) Mengetahui penampilan dari usaha pembenihan dan pembesaran IeIe dumbo di daerah penelitian. Keragaan pasar produk dari usaha pembenihan dan pembesaran lele dumbo menggambarkan akibat yang ditimbulkan dari struktur dan perilaku pasar komoditi benih lele dumbo maupun lele dumbo konsumsi terhadap harga, biaya pemasaran, dan marjin pemasaran. Penampilan usaha pembenihan dan pembesaran IeIe dumbo menggambarkan penghasilan bersih tunai maupun total yang diterima petani dari usaha pembenihan atau pembesaran yang telah dijalankan. Desa Sindumartani, Kecamatan Ngemplak dan Desa Sumberagung, Kecamatan Moyudan merupakan sentra produksi benih lele dumbo dan sentra produksi lele dumbo konsumsi di Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penentuan pedagang dan petani responden dilakukan secara accidental dengan jumlah pedagang benih sebanyak 3 orang dan jumlah pedagang lele dumbo konsumsi sebanyak 10 orang. Jumlah petani responden sebanyak 30 orang petani pembenih dan 30 orang petani pembesar. Data yang diambil meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis marjin pemasaran dan analisis penampilan usahatani. Penelitian dilakukan selama lebih kurang 1 bulan, yaitu di mulai dari minggu ketiga September sampai minggu keempat Oktober 2000.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/16690
      Collections
      • Economic Science [86]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository