Proses Kreatif Penulisan naskah dalam Pembuatan Video Profil pada Youtube Generasi Edukasi prima Media
Abstract
Penulisan naskah memiliki peran strategis dalam produksi video profil,
khususnya dalam membentuk narasi yang tidak hanya menyampaikan informasi,
tetapi juga menggugah emosi dan memperkuat citra positif perusahaan. Latar
belakang penelitian ini muncul dari kebutuhan PT Generasi Edukasi Prima sebagai
perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan untuk memiliki video profil resmi
yang mampu memperkenalkan identitas, visi, misi, serta keunggulan layanan secara
menarik dan komunikatif. Video profil ini diharapkan menjadi media promosi
strategis yang efektif dalam meningkatkan daya saing perusahaan di era digital yang
sarat dengan konten visual.
Proyek akhir ini bertujuan untuk menganalisis proses kreatif penulisan
naskah video profil PT Generasi Edukasi Prima dan mengevaluasi hasil akhir video
yang telah diunggah pada kanal YouTube GEP Media. Penulis menggunakan
pendekatan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sebagai dasar strategi
penulisan, agar pesan yang disusun dapat menarik perhatian, membangun
ketertarikan, membangkitkan keinginan, hingga mendorong tindakan audiens.
Proses kreatif yang dijalankan meliputi tahap praproduksi berupa riset
mendalam mengenai perusahaan dan target audiens, penyusunan konsep naratif
berbasis storytelling yang relevan dan inspiratif, serta pembuatan storyboard untuk
memandu pengambilan gambar agar selaras dengan pesan utama. Pada tahap
produksi, penulis naskah terlibat langsung untuk memastikan setiap adegan sesuai
dengan naskah dan storyboard, sedangkan pada tahap pascaproduksi, penulis
memberikan masukan penting agar video yang dihasilkan tetap konsisten dengan
konsep dan tujuan komunikasi perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori AIDA efektif dalam
memperkuat daya tarik video profil. Tahap Attention diwujudkan melalui
pembukaan dengan visual dan narasi yang kuat, tahap Interest dibangun melalui
cerita perjalanan dan nilai perusahaan; tahap Desire dikembangkan melalui
penekanan manfaat emosional dan sosial; sedangkan tahap zn direalisasikan melalui
ajakan yang persuasif. Video berdurasi 2 menit 34 detik ini berhasil menjadi media
komunikasi visual yang informatif, persuasif, dan representatif terhadap citra PT
Generasi Edukasi Prima, sekaligus memperkuat kepercayaan publik dan
memperluas jaringan kerja sama di bidang pendidikan.
Hasil proyek akhir ini menegaskan pentingnya peran penulis naskah dalam
menyusun narasi yang tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga
membangun koneksi emosional dengan audiens. Melalui proses kreatif yang
terstruktur dan kolaborasi yang baik dengan tim produksi, video profil ini mampu
menjadi media komunikasi strategis yang mendukung upaya penjenamaan serta
memperkuat posisi PT Generasi Edukasi Prima sebagai lembaga pendidikan yang
adaptif, inovatif, dan relevan di era digital. Scriptwriting plays a strategic role in producing profile videos, particularly
in shaping narratives that not only convey information but also evoke emotions and
strengthen the company’s positive image. This study stems from the need of PT
Generasi Edukasi Prima, an education-focused company, to have an official profile
video that effectively introduces its identity, vision, mission, and service excellence
in an engaging and communicative manner. The video is expected to serve as a
strategic promotional medium to enhance the company’s competitiveness in an era
dominated by visual content.
This study aims to analyze the creative process of scriptwriting for the PT
Generasi Edukasi Prima profile video and evaluate the final output uploaded on
the GEP Media YouTube channel. The writer applied the AIDA theory (Attention,
Interest, Desire, Action) as the main writing strategy to ensure the message can
attract attention, build interest, spark desire, and encourage audience action. The
methods used included interviews with internal company representatives, direct
observation during the production stages, and supporting documentation.
The creative process covered the pre-production stage involving in-depth research
on the company and target audience, drafting a narrative concept based on relevant
and inspiring storytelling, and creating a storyboard to guide filming in line with
the main message. During production, the scriptwriter participated actively to
ensure each scene matched the script and storyboard, while in post-production, the
writer provided essential input to keep the final video consistent with the initial
concept and communication goals.
The findings show that applying the AIDA theory effectively strengthened
the video’s appeal. The Attention stage was realized through impactful visuals and
concise narration at the opening; Interest was built through storytelling about the
company’s journey and values; Desire was encouraged by highlighting emotional
and social benefits; and Action was achieved through persuasive calls to engage
further. The final video, lasting 2 minutes and 34 seconds, successfully serves as an
informative, persuasive, and representative visual communication medium for PT
Generasi Edukasi Prima, enhancing public trust and expanding networks in the
education sector.
The results of this final project highlight the importance of the scriptwriter’s
role in creating narratives that not only share information but also build emotional
connections with the audience. Through a structured creative process and effective
collaboration with the production team, this profile video becomes a strategic
communication tool that supports branding efforts and strengthens PT Generasi
Edukasi Prima’s positioning as an adaptive, innovative, and relevant educational
institution in the digital era.
