Proses Kreatif Video Editor dalam Pembuatan Video Profil pada Youtube Generasi Edukasi Prima Media
Abstract
This research provides an in-depth discussion of the creative process
undertaken by a video editor in producing a corporate profile video for PT
Generasi Edukasi Prima (GEP), which is broadcast through the official YouTube
channel of GEP Media. The main objective of this study is to identify and analyze
the roles and creative stages carried out by the video editor—from initial planning
to the final stages of producing visual content aligned with the company's branding
strategy. The research method used is descriptive qualitative, combining
participatory observation, production documentation, and in-depth interviews with
three key informants from GEP’s production and marketing divisions. The study
explores how interdepartmental collaboration and a deep understanding of the
company’s narrative and communication goals significantly influence editorial
decision-making processes. The findings reveal that the role of the editor is not
limited to the technical aspects of post-production but also contributes significantly
to determining the storyline, selecting footage, structuring the narrative, and
adding supporting elements such as visual effects, background music, dynamic
transitions, and communicative subtitles. The editor also applied a compilation
editing technique to merge various visual elements—sourced from field
documentation and archival footage—into a cohesive, engaging, and professional
narrative.
The produced video was analyzed using the 4P marketing communication
model (Promise, Picture, Proof, Push). The analysis shows that the GEP profile
video effectively and persuasively conveys the company’s core message. Promise is
demonstrated through an opening narrative that outlines the company’s vision and
mission; Picture is seen in relevant and aesthetic visuals; Proof is conveyed through
testimonials and footage of company activities; while Push is delivered through a
clear call-to-action at the end of the video. The study recommends involving the
video editor from the pre-production stage to ensure the final output aligns with the
intended creative vision. Moreover, it emphasizes the need for a standardized
workflow through the development of Standard Operating Procedures (SOPs) to
enhance production efficiency and ensure consistent quality in future profile videos.
Overall, this research is expected to serve as both a practical and academic
reference for professionals in the creative industry, particularly in producing
institutional profile content based on digital media that prioritizes branding value
and the effectiveness of visual communication. Penelitian ini membahas secara mendalam mengenai proses kreatif yang
dilakukan oleh seorang video editor dalam memproduksi video profil perusahaan
PT Generasi Edukasi Prima (GEP), yang disiarkan melalui kanal YouTube resmi
GEP Media. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan
menganalisis peran serta tahapan kreatif yang dilalui oleh editor video, mulai dari
perencanaan awal hingga tahap akhir produksi konten visual yang berorientasi pada
strategi branding perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif, dengan mengombinasikan teknik observasi partisipatif, dokumentasi
produksi, serta wawancara mendalam dengan tiga narasumber utama dari divisi
produksi dan pemasaran GEP. Penelitian ini menelusuri bagaimana kolaborasi
antardivisi serta pemahaman terhadap narasi dan tujuan komunikasi perusahaan
sangat memengaruhi proses pengambilan keputusan editorial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran editor tidak hanya terbatas pada
aspek teknis pascaproduksi, tetapi juga memiliki kontribusi penting dalam
menentukan alur cerita, pemilihan footage, penyusunan struktur narasi, serta
penambahan elemen pendukung seperti efek visual, backsound, transisi dinamis,
dan subtitle yang komunikatif. Editor juga menerapkan pendekatan teknik
compilation editing untuk menggabungkan berbagai elemen visual yang berasal
dari dokumentasi lapangan dan footage arsip, menjadi satu narasi utuh yang
menarik dan profesional. Penelitian ini, video yang diproduksi dianalisis
menggunakan pendekatan model komunikasi pemasaran 4P (Promise, Picture,
Proof, Push). Hasil analisis memperlihatkan bahwa video profil GEP telah mampu
menyampaikan pesan inti perusahaan secara efektif dan persuasif. Promise
ditunjukkan melalui narasi pembuka yang menggambarkan visi misi perusahaan;
Picture tampak dalam tampilan visual yang relevan dan estetis; Proof ditampilkan
melalui testimoni dan footage aktivitas perusahaan; sedangkan Push dilakukan
melalui call-to-action yang disampaikan di akhir video. Rekomendasi dari
penelitian ini menekankan pentingnya melibatkan video editor sejak tahap praproduksi agar hasil akhir lebih selaras dengan visi kreatif yang diinginkan. Selain
itu, dibutuhkan pembakuan alur kerja melalui pembuatan Standard Operating
Procedure (SOP) yang dapat meningkatkan efisiensi produksi serta menjamin
konsistensi kualitas video profil di masa mendatang. Secara keseluruhan, penelitian
ini diharapkan dapat menjadi referensi praktis dan akademik bagi para pelaku
industri kreatif, khususnya dalam produksi konten profil institusi berbasis media
digital yang mengutamakan nilai branding dan efektivitas komunikasi visual.
