View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Dissertations
      • DT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Dissertations
      • DT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Green Competitive Advantage pada Industri Pariwisata: Studi Pengembangan Bisnis Perhotelan di Indonesia.

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (1.016Mb)
      Fulltext (1.460Mb)
      Lampiran (1.832Mb)
      Date
      2023
      Author
      Wibisono, Hari
      Arkeman, Yandra
      Djohar, Setiadi
      Maulida, Mira
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Meskipun industri pariwisata Indonesia mengalami ekspansi yang besar, posisi kompetitifnya dalam sektor pariwisata tetap lebih rendah daripada negaranegara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Sebuah kebenaran signifikan telah ditetapkan oleh penelitian empiris sebelumnya: adanya pergeseran permintaan pariwisata dan munculnya pariwisata hijau. Tujuan studi kami adalah untuk merancang strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia guna mencapai keunggulan kompetitif hijau atau Green Competitive Advantage (GCA). Metode campuran digunakan dalam penelitian ini. Structural Equation Modeling (SEM-PLS) digunakan untuk menganalisis model. Data primer dikumpulkan dari objek penelitian langsung melalui kuesioner dan wawancara yang disampaikan kepada 60 sampel, dengan pengelolaan data menggunakan SEM-PLS, sementara data sekunder dikumpulkan dari literatur studi sebelumnya. Hasil analisis digunakan bersama dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan prioritas kebijakan untuk pengembangan strategi sektor pariwisata Indonesia. Menurut temuan penelitian, membangun, meningkatkan literasi, dan meningkatkan pemahaman GCA di antara seluruh tim manajemen teratas pariwisata adalah strategi yang dianggap paling diperlukan dan layak untuk memperoleh GCA dalam industri pariwisata. Strategi ini bertujuan untuk memperkuat komitmen dan keterlibatan manajemen teratas dalam menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Variabel paling krusial dalam mencapai GCA diidentifikasi sebagai kemampuan manajemen dinamis, diikuti oleh kebijakan pemerintah, kemampuan inovasi, dan kemampuan lingkungan. Pemerintah, masyarakat, tim manajemen senior, dan kelompok industri adalah para pemain utama dalam mencapai GCA. Kesimpulan studi ini sangat penting untuk mengoptimalkan kemampuan manajemen dinamis perusahaan dalam mencapai GCA melalui kemampuan inovasi lingkungan dan hijau, yang didukung oleh regulasi pemerintah. Temuan ini dapat digunakan untuk memperluas pengetahuan tentang manajemen strategis perusahaan dan aplikasinya, serta kemampuan untuk memperoleh GCA dalam lingkungan industri pariwisata yang dinamis. Selain itu, proposal kebijakan di area prioritas juga diajukan untuk membantu pengembangan pariwisata Indonesia.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160269
      Collections
      • DT - Business [368]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository