Pengaruh Sumber Air Sumur Terhadap pH dan Warna Larutan Teh Hitam (Studi Kasus: Teh Franchise)
Abstract
Peningkatan jumlah penduduk di Kabupaten Bogor menyebabkan kebutuhan akan air bersih semakin tinggi, yang berpotensi mengurangi ketersediaan air.
Masyarakat memanfaatkan air tanah untuk keperluan sehari-hari seperti pertanian dan industri, namun kualitas pH air sumur sangat bervariasi tergantung pada kondisi topografi. Misalnya, air dari daerah pertambangan gunung kapur umumnya memiliki pH lebih tinggi akibat pelarutan mineral kalsium karbonat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pH sumber air sumur terhadap pH dan warna teh yang dihasilkan. Sampel diambil dari 10 sumber sumur di 3 kecamatan, kemudian diukur pH-nya sebelum dan setelah diseduh menggunakan pH meter. Pengujian warna teh dilakukan dengan chromameter. Hasil menunjukkan bahwa warna seduhan teh hitam yang berbeda. Warna seduhan air yang baik yaitu coklat kemerahan dengan kondisi pH air bersifat asam yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi terkait informasi keragaman warna pada teh dan dapat dijadikan panduan pemilihan warna teh untuk meningkatkan kualitas penjualan minuman teh franchise. The increasing population in Bogor Regency has led to a higher demand for clean water, which has the potential to reduce water availability. People utilise groundwater for daily purposes such as agriculture and industry, but the pH quality of well water varies greatly depending on topographic conditions. For example, water from limestone mining areas generally has a higher pH due to dissolution of calcium carbonate minerals. This study aimed to analyse the effect of well water source pH on the pH and colour of tea produced. Samples were taken from 10 wells in 3 sub-districts, and the pH was measured before and after brewing using a pH meter. Tea colour testing was conducted with a chromameter. Results showed that the colour of brewed black tea was different. This study provides recommendations on the colour quality of tea and can be used as a guide to improve the quality of tea sales in the franchise.