Strategi Penerapan Digitalisasi Informasi Melalui Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan ke Museum Konperensi Asia Afrika
Abstract
Media dalam melakukan komunikasi saat ini sudah beragam, salah satunya ialah Instagram. Museum Konperensi Asia Afrika merupakan salah satu instansi pemerintahan yang menggunakan Instagram sebagai media komunikasi. Instagram mendukung penggunanya untuk menyebarkan informasi dalam berbentuk digital, hal ini juga bisa dilakukan sebagai upaya menarik minat khalayak untuk melakukan sesuatu. Penelitian ini akan mencari tahu bagaimana strategi yang diterapkan oleh Museum Konperensi Asia Afrika dalam digitalisasi informasi melalui Instagram guna menarik khalayak untuk mengunjungi museum. Museum Konperensi Asia Afrika berlokasi di Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kota Bandung, Jawa Barat. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2024. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan berdasarkan teori strategi komunikasi yang terbagi menjadi lima bagian yaitu sasaran khalayak tujuan, media, pesan, dan evaluasi. Penelitian ini juga menggunakan teori media baru menurut Henry Jenkins (2006) yang mencakup konsep interaktivitas, konvergensi media, jangakauan, dan user generated content. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukan bahwa Museum Konperensi Asia Afrika telah menerapkan strategi komunikasi yang sesuai dengan menentukan sasaran khalayak museum, tujuan penyebaran informasi, media yang digunakan, pesan yang disebarkan, dan evaluasi. Penggunaan Instagram sebagai media penyebaran informasi juga sesuai dengan teori media baru dengan menunjukan adanya interaktivitas, konvergensi media, jangkauan, dan user generated content. Media in communication is now diverse, one of which is Instagram. The Asian-African Conference Museum is one of the government agencies that uses Instagram as a communication medium. Using Instagram as a communication medium. This research will find out how the strategy implemented by the Asian-African Conference Museum in digitizing information through Instagram to attract
audiences. The Asian-African Conference Museum is located at Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Bandung City, West Java. The research was conducted from February to April 2024. This research uses descriptive qualitative methods with based on communication strategy theory. This research also uses the theory of new media according to Henry Jenkins (2006) which includes the concepts of interactivity, media convergence, reach, and interactivity. interactivity, media convergence, reach, and user-generated content. Furthermore, the results showed that the Museum of the Asian-African Conference had implemented an appropriate communication strategy by determining the target audience of the museum, the objectives of information dissemination, the media the museum, the purpose of disseminating information, the media used, the messages disseminated, and evaluation. The use of Instagram as a medium for disseminating information is also following new media theory by showing interactivity, media convergence, reach,
and user-generated content.