Show simple item record

dc.contributor.advisorMindara, Gema Parasti
dc.contributor.authorIbrahim, Ramzy Syafiq
dc.date.accessioned2024-08-21T01:08:36Z
dc.date.available2024-08-21T01:08:36Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/158015
dc.description.abstractPenggunaan teknologi dalam pendidikan tinggi telah menjadi sangat penting, memungkinkan interaksi antara mahasiswa dan pengajar melalui platform online. Asia University mengadopsi aplikasi TronClass untuk mendukung pembelajaran online yang fleksibel dan interaktif. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerimaan TronClass menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), mengevaluasi pengaruh desain antarmuka, kemudahan penggunaan, sikap terhadap penggunaan, dan niat perilaku terhadap penggunaan aplikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa desain antarmuka tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penggunaan aplikasi. Namun, kemudahan penggunaan terbukti memiliki pengaruh signifikan dan positif. Sikap positif terhadap aplikasi dan niat untuk menggunakan aplikasi juga tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap penggunaan nyata. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan adopsi TronClass, fokus harus diberikan pada penyempurnaan fitur yang memudahkan pengguna. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk strategi pengembangan aplikasi pembelajaran online yang lebih efektif di masa depan.
dc.description.abstractThe use of technology in higher education has become crucial, enabling interaction between students and instructors through online platforms. Asia University adopted the TronClass application to support flexible and interactive online learning. This study aims to analyze the acceptance of TronClass using the Technology Acceptance Model (TAM), evaluating the influence of interface design, ease of use, attitude towards use, and behavioral intention on application use. The results indicate that interface design does not significantly impact application use. However, ease of use has a significant and positive effect. Positive attitudes towards the application and the intention to use the application also do not show a significant impact on actual use. These findings suggest that to enhance the adoption of TronClass, focus should be on improving user-friendly features. This research can serve as a basis for future strategies in developing more effective online learning applications.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Penerimaan Aplikasi TronClass Sebagai Media Pembelajaran Online di Asia University Menggunakan Metode TAMid
dc.title.alternativeAnalysis of TronClass Application Acceptance as an Online Learning Medium at Asia University Using the TAM Method
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordonline learningid
dc.subject.keywordacceptance analysisid
dc.subject.keywordtechnology acceptance modelid
dc.subject.keywordTronClassid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record