Pengaruh Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali di Kasepuhan Sinar Resmi Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat
Abstract
Kasepuhan Sinar Resmi merupakan masyarakat adat yang berada di wilayah Desa Sirna Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Kasepuhan bagian dari Global Geopark menyebabkan peningkatan jumlah kunjungan. Produk wisata memainkan peran penting dalam keputusan kembali wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah wisatawan akan melakukan kunjungan kembali ke Kasepuhan Sinar Resmi berdasarkan produk wisata yang ditawarkan mulai dari analisis produk wisata, kepuasan yang didapatkan, hingga pengalaman wisatawan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi lapangan dan penyebaran kuesioner kepada 156 responden menggunakan Metode Purposive Sampling, sampel dipilih berdasarkan kriteria wisatawan yang sedang atau pernah berkunjung (actual-potensial). Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tertutup dengan pendekatan skala Likert (1-5). Variabel penelitian ini terdiri dari Mutu Sumber Daya Wisata (X1), Mutu Atraksi Wisata (X2), Mutu Fasilitas Penunjang Wisata dan Mutu Aksesibilitas (X3) serta variabel terikat yang berupa Kunjungan Kembali Wisatawan (Y). Pengelolaan data dilakukan dengan regresi linear berganda, sehingga dapat menghasilkan peningkatan kualitas produk wisata. Luaran yang dihasilkan berupa pembuatan desain sarana penunjang dan aksesibilitas untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan wisatawan. Kasepuhan Sinar Resmi is an indigenous community located in the Sirna Resmi
Village area, Cisolok District, Sukabumi Regency. Kasepuhan is part of the Global
Geopark causing an increase in the number of visits. Tourism products play an important
role in the decision to return tourists. This study aims to determine whether tourists will
return to Kasepuhan Sinar Resmi based on the tourism products offered starting from
tourism product analysis, satisfaction obtained, to tourist experiences. Research data were
collected through field observations and distributing questionnaires to 156 respondents
using the Purposive Sampling Method, samples were selected based on the criteria of
tourists who are or have visited (actual-potential). The questionnaire used was a closed
questionnaire with a Likert scale approach (1-5). The variables of this study consist of the
Quality of Tourist Attractions (X1), Quality of Tourist Attractions (X2), Quality of
Supporting Tourist Facilities and Quality of Accessibility (X3) and the dependent variable
in the form of Tourist Return Visits (Y). Data management is carried out using multiple
linear regression, so that it can produce an increase in the quality of tourism products. The
output produced is in the form of designing supporting facilities and accessibility to
improve the experience and satisfaction of tourists.
Collections
- UT - Ecotourism [95]