Hubungan Iklan Campaign #SUNsAja dengan Keputusan Pembelian Konsumen Madame Gie
Abstract
Iklan merupakan salah satu bagian dari komunikasi pemasaran. Periklanan
merupakan salah satu bentuk komunikasi yang mempunyai tujuan untuk mengajak
konsumen melihat, membaca, dan mendengarnya untuk melaksanakan sesuatu.
Bentuk komunikasi tersebut berupa kegiatan promosi yang dilaksanakan dalam
lingkup nama produk atau product knowledge dan bagaimana produk atau layanan
yang dipromosikan dapat memberikan manfaat bagi para calon konsumen.
Penelitian ini berfokus pada hubungan iklan campaign #SUNsAja dengan
keputusan pembelian konsumen Madame Gie. Metode yang dipakai untuk
menganalisis data adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Dalam
statistik deskripitf, tidak ada uji yang signifikan secara teknis Penelitian ini
memakai sampel sebanyak 72 orang dengan memakai teknik Slovin. Data yang
dikumpulkan kemudia dianalisis memakai rank Spearman dan uji hipotesis
koefisien korelasi yang dihitung dengan memakai SPSS. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat dan arah yang positif antara variabel
Iklan campaign #SUNsAja dan variabel keputusan pembelian konsumen Madame
Gie. Advertising is one part of marketing communications. Adverstising is a form of
communication that has the aim of inviting consumers to see, read and hear it in order to
do something. This form of communication takes the form of promotional activities carried
out within the scope of the product name or product knowledge and how the product or
service being promoted can provide benefits to potential consumers. This research focuses
on advertising relationships campaign #SUNsAja with Madame Gie’s consumer
purchasing decisions. The method used to analyze data is descriptive statitictical analysis
and inferential anlysis. In descriptive statistics, no test is technically significant. This
research used a sample of 72 people using the slovin technique. The data collected is then
analyzed using rank Spearman and hypothesis testing correlation coefficients calculated
using SPSS. The result of this research indicate that there is a strong relationship and
positive direction between the advertising variables campaign #SUNsAja and Madame
Gie’s consumer purchasing decisions variables.
