Pengaruh Program Corporate Social Responbility Terhadap Peningkatan Unit Usaha Pondok Pesantren
Date
2024Author
Pangestu, Agian Fatta
Pratama, Agief Julio
Budiarto, Tri
Metadata
Show full item recordAbstract
Corporate Social Responbility atau yang dikenal dengan CSR merupakan
salah satu kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial,
kesejahteraan sosial, dan juga peningkatan kualitas hidup masyarakat. PT Adaro
Indonesia sebagai perusahaan besar yang bergerak di bidang pertambangan telah
membuktikan kepeduliannya terhadap masyarakat sekitar tambang maupun pondok
pesantren yang menjadi sasaran dari program CSR. Setiap pelaksanaan program
CSR memiliki tingkat pengaruh, kendala, maupun dampak yang dirasakan oleh
sasaran program. Tujuan penelitian yaitu menguraikan pengaruh program CSR dari
PT Adaro Indonesia serta mengidentifikasi kendala dan dampak yang dirasakan
oleh pengelola unit usaha di Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Halong terhadap
pelaksanaan CSR yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu
mix method dengan menggabungkan pendekatan kuantitatif dan pendekatan
kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan meliputi data observasi, kuesioner,
dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengaruh program
CSR dari PT Adaro Indonesia di Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Halong melalui
pengukuran tiga indikator (tingkat efektivitas, tingkat kesesuaian, dan tingkat
pemberdayaan) berada pada kategori sedang. Pengelola unit usaha merasa bahwa
pelaksanaan program CSR yang dilakukan belum maksimal terutama dalam
memenuhi kebutuhan yang ada di unit usaha, sehingga pengaruh yang diberikan
terhadap peningkatan unit usaha tidak banyak. Kegiatan yang dapat dilakukan
untuk meningkatkan unit usaha yaitu melalui kegiatan pendampingan dan
pelatihan. Kegiatan tersebut juga masih belum maksimal dalam meningkatkan unit
usaha ponpes. Rendahnya pengaruh program CSR yang dilaksanakan dikarenakan
adalanya kendala yang dihadapi oleh kedua pihak baik penanggungjawab maupun
penerima program. Terlepas dari kendala yang ada, masyarakat pondok pesantren
terutama para santri yang tergabung dalam kelompok kerja merasakan adanya
dampak positif dari kegiatan CSR. Corporate Social Responsibility or what is known as CSR is one of the company's
activities related to social responsibility, social welfare, and also improving the
quality of life of the community. PT Adaro Indonesia as a large company operating
in the mining sector has proven its concern for the communities around the mines
and Islamic boarding schools which are the targets of the CSR program. Every
implementation of a CSR program has a level of influence, obstacles and impacts
felt by the program targets. The aim of the research is to describe the influence of
the CSR program from PT Adaro Indonesia and identify the obstacles and impacts
felt by business unit managers at the Nurul Muhibbin Halong Islamic Boarding
School on the implementation of CSR. The method used in the research is a mix
method by combining a quantitative approach and a qualitative approach. Data
collection carried out included observation data, questionnaires and interviews. The
results of the research show that the level of influence of the CSR program from PT
Adaro Indonesia at the Nurul Muhibbin Halong Islamic Boarding School through
measuring three indicators (level of effectiveness, level of suitability, and level of
empowerment) is in the medium category. Business unit managers feel that the
implementation of the CSR program has not been optimal, especially in meeting
existing needs in the business unit, so that the influence given to improving the
business unit is not much. Activities that can be carried out to improve business
units are through mentoring and training activities. These activities are also still not
optimal in improving the Islamic boarding school business unit. The low influence
of the CSR program implemented is due to the obstacles faced by both parties, both
those responsible and program recipients. Despite the existing obstacles, the Islamic
boarding school community, especially the students who are members of the
working group, feel the positive impact of CSR activities.