Show simple item record

dc.contributor.advisorIrmansyah
dc.contributor.authorARIANI, DIVA
dc.date.accessioned2024-08-05T06:24:56Z
dc.date.available2024-08-05T06:24:56Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155614
dc.description.abstractEfisiensi manajemen mesin dan data selalu menjadi tantangan dalam industri manufaktur, termasuk juga dalam sektor perkabelan. Kendala utamanya yaitu kurangnya komunikasi antara karyawan dan supervisor, yang mengakibatkan penundaan dalam menangani masalah mesin, penggunaan peralatan yang tidak optimal, dan pengelolaan data yang kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan ini, pengembangan aplikasi mobile menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesenjangan dalam komunikasi dan meningkatkan manajemen mesin serta data secara real-time. Metode yang digunakan adalah metode Scrum karena proses pengembangannya yang iteratif. Pendekatan ini melibatkan penggunaan pemindaian QR code dengan kamera dan integrasi database API untuk memantau serta mengelola data secara real-time. Tujuan dari aplikasi mobile ini adalah membantu operator dan auditor untuk melaporkan kondisi dan aktivitas dengan cepat sehingga dapat mengurangi potensi masalah. Aplikasi telah berhasil digunakan di perusahaan dan membantu meningkatkan efisiensi manajemen mesin dan data. Karyawan dapat dengan mudah melaporkan kondisi mesin, memantau aktivitas secara real-time, dan supervisor dapat merespons masalah dengan cepat.
dc.description.abstractThe efficiency of machine and data management has always been a challenge in the manufacturing industry, particularly in the cable sector. The main problems include less communication between employees and supervisors, resulting in delays in handling machine issues, suboptimal equipment usage, and ineffective data management. To solve these issues, the development of a mobile application has appeared as a solution to bridge the communication gap and enhance real-time machine and data management. The chosen method is Scrum, which allows for an iterative development process. This approach involves using QR code scanning with a camera and API database integration to monitor and manage data in real-time. The goal of this mobile application is to help operators and auditors report conditions and activities quickly, thereby reducing potential problems. The application has been successfully implemented in the company, significantly improving machine and data management efficiency. Employees can easily report machine conditions, monitor activities in real-time, and supervisors can respond to issues promptly.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleImplementasi Kamera Pemindai QR Code pada Aplikasi Mobile sebagai Tambahan ERP untuk Operator dan Auditorid
dc.title.alternativeImplementation of a QR Code Scanner in Mobile Application as an Addition to ERP for Operators and Auditors
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordMobile Applicationid
dc.subject.keywordFlutterid
dc.subject.keywordAuditorid
dc.subject.keywordOperatorid
dc.subject.keywordEnterprise Resource Planningid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record