dc.contributor.advisor | Riyanto, Sutisna | |
dc.contributor.author | Dwitami, Andini | |
dc.date.accessioned | 2024-07-30T01:27:22Z | |
dc.date.available | 2024-07-30T01:27:22Z | |
dc.date.issued | 2024 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155051 | |
dc.description.abstract | ANDINI DWITAMI. Penerapan AIDA pada Strategi Penulisan Naskah Video
Promosi Taman Nasional Kepulauan Seribu. Dibimbing oleh SUTISNA
RIYANTO.
Strategi promosi yang digunakan dalam proyek akhir ini yaitu menggunakan
strategi AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action) sebagai strategi pembuatan
video promosi dengan media yang digunakan yaitu Instagram. Lokasi dari
pembuatan video promosi yaitu di Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu dengan
waktu pelaksanaan bulan Januari hingga Februari 2024. Tujuan dari pembuatan
laporan akhir ini yaitu mengidentifikasi objek dan inovasi yang mempunyai nilai
untuk pembuatan video promosi serta menerapkan strategi AIDA dalam video
promosi Taman Nasional Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu memiliki objek dan
inovasi yang memiliki nilai promosi yaitu Mangrove Trail “Joko Landro”,
Pemeliharaan Teripang, Arboretum Mangrove, dan Pelestarian Penyu. Attention
diupayakan melalui video promosi yang memanfaatkan kombinasi warna, tipografi,
dan gambar yang menarik, menggunakan judul video promosi dengan font yang
menarik dan motion yang bergerak. Interest dengan penerapan tagline atau judul
yang menarik, serta narasi yang mendukung video promosi. Desire menerapkan
narasi yang menginspirasi, insentif, dan ajakan. Action dilakukan melalui tindakan
dengan narasi ajakan untuk bertindak, seperti mengunjungi website
Simpulseribu.id dan caption di Instagram @btn_kep_seribu.
Kata Kunci: AIDA, kepulauan seribu, pariwisata, strategi promosi, video. | |
dc.description.abstract | ANDINI DWITAMI. Application of AIDA in the Sciptwriting Strategy for the
Promotional Video of Kepulauan Seribu. Dibimbing oleh SUTISNA RIYANTO.
The promotion strategy used in this final project is the AIDA strategy
(Attention, Interest, Desire, and Action) for creating promotional videos with
Instagram as the medium. The location for the production of the promotional video
is at the Thousand Islands National Park Office, with the implementation period
from January to February 2024. The purpose of this final report is to identify objects
and innovations that have value for the creation of promotional videos and to apply
the AIDA strategy in the promotional video for the Thousand Islands National Park.
The Thousand Islands have objects and innovations that hold promotional value,
including the Mangrove Trail "Joko Landro," Sea Cucumber Maintenance,
Mangrove Arboretum, and Turtle Conservation. Attention is sought through
promotional videos that utilize a combination of attractive colors, typography, and
images, using promotional video titles with appealing fonts and moving motion.
Interest is achieved through the implementation of an attractive tagline or title, as
well as a narrative that supports the promotional video. Desire is fostered through
inspiring narratives, incentives, and calls to action. Action is driven through
narrative calls to action, such as visiting the website Simpulseribu.id and the caption
on Instagram @btn_kep_seribu.
Keyword: AIDA, thousand islands, tourism, promotion strategy, video. | |
dc.description.abstract | ANDINI DWITAMI. Penerapan AIDA pada Strategi Penulisan Naskah Video Promosi Taman Nasional Kepulauan Seribu. Dibimbing oleh SUTISNA RIYANTO.
Strategi promosi yang digunakan dalam proyek akhir ini yaitu menggunakan strategi AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action) sebagai strategi pembuatan video promosi dengan media yang digunakan yaitu Instagram. Lokasi dari pembuatan video promosi yaitu di Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu dengan waktu pelaksanaan bulan Januari hingga Februari 2024. Tujuan dari pembuatan laporan akhir ini yaitu mengidentifikasi objek dan inovasi yang mempunyai nilai untuk pembuatan video promosi serta menerapkan strategi AIDA dalam video promosi Taman Nasional Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu memiliki objek dan inovasi yang memiliki nilai promosi yaitu Mangrove Trail “Joko Landro”,
Pemeliharaan Teripang, Arboretum Mangrove, dan Pelestarian Penyu. Attention diupayakan melalui video promosi yang memanfaatkan kombinasi warna, tipografi, dan gambar yang menarik, menggunakan judul video promosi dengan font yang menarik dan motion yang bergerak. Interest dengan penerapan tagline atau judul yang menarik, serta narasi yang mendukung video promosi. Desire menerapkan narasi yang menginspirasi, insentif, dan ajakan. Action dilakukan melalui tindakan dengan narasi ajakan untuk bertindak, seperti mengunjungi website Simpulseribu.id dan caption di Instagram @btn_kep_seribu.
Kata Kunci: AIDA, kepulauan seribu, pariwisata, strategi promosi, video. | |
dc.description.abstract | ANDINI DWITAMI. Application of AIDA in the Sciptwriting Strategy for the Promotional Video of Kepulauan Seribu. Dibimbing oleh SUTISNA RIYANTO.
The promotion strategy used in this final project is the AIDA strategy (Attention, Interest, Desire, and Action) for creating promotional videos with Instagram as the medium. The location for the production of the promotional video is at the Thousand Islands National Park Office, with the implementation period from January to February 2024. The purpose of this final report is to identify objects and innovations that have value for the creation of promotional videos and to apply the AIDA strategy in the promotional video for the Thousand Islands National Park. The Thousand Islands have objects and innovations that hold promotional value, including the Mangrove Trail "Joko Landro," Sea Cucumber Maintenance, Mangrove Arboretum, and Turtle Conservation. Attention is sought through promotional videos that utilize a combination of attractive colors, typography, and images, using promotional video titles with appealing fonts and moving motion. Interest is achieved through the implementation of an attractive tagline or title, as well as a narrative that supports the promotional video. Desire is fostered through inspiring narratives, incentives, and calls to action. Action is driven through narrative calls to action, such as visiting the website Simpulseribu.id and the caption on Instagram @btn_kep_seribu.
Keyword: AIDA, thousand islands, tourism, promotion strategy, video. | |
dc.description.sponsorship | | |
dc.language.iso | id | |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Penerapan AIDA pada Strategi Penulisan Naskah Video Promosi Taman Nasional Kepulauan Seribu | id |
dc.title.alternative | Application of AIDA in the Sciptwriting Strategy for the Promotional Video of Kepulauan Seribu. | |
dc.type | Tugas Akhir | |
dc.subject.keyword | AIDA | id |
dc.subject.keyword | tourism | id |
dc.subject.keyword | thousand islands | id |
dc.subject.keyword | promotion strategy | id |