Implementasi Taktik Pembuatan Konten Dalam Produksi Konten Tiktok RJL5Horornovel
Abstract
Novel Pengantin Setan merupakan novel kedua karya dari Fajar Aditya dan Ivan Haryo. Rilisnya Novel Pengantin Setan ini memerlukan strategi yang dapat mendukung dari segi penjualan ini, strategi pemasaran yang dilakukan yakni konten digital yang disebarluaskan melalui platform Tiktok RJL5Horornovel yang menjadi wadah baru dalam menghadirkan konsep yang berbeda dari RJL5. Konten dari RJL5Horor ini menampilkan visual yang menarik dengan menampilkan
dokumentasi pribadi, animasi yang ditambahkan dengan gaya penulisan yang efektif. Teori yang digunakan dalam penulisan laporan akhir proyek ini menggunakan teori Pendekatan Design Thinking Idea (Pradana & Islam, 2021)
yang mencakup lima tahapan yaitu Empati, Penetapan, Ide, Prototipe, dan Uji Coba.
Taktik pembuatan konten pada konten digital Tiktok ini terdiri dari beberapa
langkah yakni menentukan target audiens, melihat dan pelajari dari kompetitor,
menentukan tipe konten, membuat konten yang konsisten, memahami apa yang
diinginkan audiens dari channel, meneliti konten yang digemari, optimasi dengan
teknik seo, pemilihan tone of voice, memahami waktu untuk post konten dan
mengukur performa konten. The Devil's Bride novel is the second novel by Fajar Aditya and Ivan Haryo. The
release of the novel Devil's Bride requires a strategy that can support this sales
aspect. The marketing strategy carried out is digital content which is disseminated
via the Tiktok RJL5Horrornovel platform, which is a new platform to present a
different concept from RJL5. This content from RJL5Horror displays attractive
visuals by displaying personal documentation, animation plus an effective writing
style. The theory used in writing the final report on this project uses the Design
Thinking Idea Approach theory (Pradana & Islam, 2021) which includes five stages,
namely Empathy, Determination, Idea, Prototype, and Trial. Content creation
tactics for TikTok digital content consist of several steps, namely determining the
target audience, watching and learning from competitors, determining the type of
content, creating consistent content, understanding what the audience wants from
the channel, researching popular content, optimizing with SEO techniques,
choosing a tone voice, understanding when to post content and measuring content
performance