Rancang Bangun Program Aplikasi Persediaan Berbasis Visual Basic for Application pada Hotel Royal Padjadjaran Bogor
Abstract
Hotel Royal Padjadjaran Bogor merupakan hotel yang berada di Kota Bogor. Permasalahan pada Hotel Royal Padjadjaran Bogor ialah dalam pengelolaan persediaan dilakukan oleh masing-masing departemen tanpa melibatkan General Store, dimana hal inilah yang membedakan Royal Padjadjaran Hotel dengan hotel lain. Dalam penyusunan proyek ini bertujuan untuk membuat rancangan program aplikasi persediaan di Royal Padjadjaran Hotel yang bertujuan untuk memudahkan akses pengelolaan dan monitoring persediaan yang ada di salah satu departemen yaitu F&B. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan strategi Design and Creation. Data penelitian ini terdiri dari data primer yaitu hasil survei, dan data sekunder yaitu buku, jurnal, dan internet. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Analisis yang dilakukan dalam proyek ini meliputi analisa sistem yang berjalan dan analisis sistem yang diusulkan dengan rancangan basis Microsoft Excel yang dimodifikasi menggunakan Makro Visual Basic for Application (VBA). Sistem yang diusulkan ini diharapkan dapat memberi manfaat dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan barang serta pihak yang terlibat dalam operasional perusahaan khususnya unit pengawas persediaan pada departemen. Hotel Royal Padjadjaran Bogor is a hotel in Bogor City. The problem at the Royal Padjadjaran Hotel Bogor is the inventory management carried out by each department without involving the General Store, which is what differentiates the Royal Padjadjaran Hotel from other hotels. In preparing this project, the aim is to design an inventory application program at the Royal Padjadjaran Hotel which aims to facilitate access to management and monitoring of existing inventory in one of the departments, namely F&B. This type of research uses a qualitative descriptive approach with a Design and Creation strategy. This research data consists of primary data, namely survey results, and secondary data, namely books, journals and the internet. With data collection techniques, namely observation, interviews, documentationandliteraturestudy. Theanalysiscarriedoutinthisprojectincludes analysis of the running system and analysis of the proposed system with a basic Microsoft Excel design modified using Visual Basic for Application (VBA) macros. The proposed system is expected to provide benefits in increasing the effectiveness of goods management as well as the parties involved in company operations, especially the inventory control unit in the department.
Collections
- UT - Accounting [440]
