Kreativitas Sutradara dalam Produksi Video Promosi Pariwisata Berwisata Lebih Seru di Kota Bogor
Abstract
Kota Bogor memiliki peluang besar dalam perekenomian dan pengembangan
pariwisata karena letaknya yang strategis. Pengembangan pariwisata ini perlu
didukung dengan adanya publikasi pariwisata, salah satunya melalui video promosi
pariwisata. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor bertanggung jawab atas
publikasi pariwisata yang akan digunakan sebagai media promosi kepada
masyarakat dan tamu-tamu penting. Laporan proyek akhir ini bertujuan untuk
mengetahui proses berpikir kreatif sutradara dan rancangan proses produksi video
promosi pariwisata. Sutradara dalam proses berpikir kreatifnya menggunakan teori
Wallas yang meliputi tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi, dan tahap
verifikasi. Sutradara menerapkan rumus 5C yang terdiri dari close up, camera angle,
composition, cutting, dan continuity yang membantu sutradara mengembangkan
kreativitas visualnya. Sutradara juga bertanggung jawab penuh atas produksi video
promosi pariwisata yang meliputi tahap praproduksi, tahap produksi, dan tahap
pascaproduksi dimana berlandaskan pada teori Laissez Faire. The city of Bogor has great opportunities for economic and tourism
development because of its strategic location. This tourism development needs to
be supported by tourism publications, one of which is through tourism promotional
videos. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor is responsible for tourism
publications which will be used as promotional media to the public and important
guests. This final project report aims to find out the director's creative thinking
process and the design of the tourism promotional video production process. The
director in his creative thinking process uses Wallas' theory which includes the
preparation stage, incubation stage, illumination stage and verification stage. The
director applies the 5C formula consisting of close up, camera angle, composition,
cutting and continuity which helps the director develop his visual creativity. The
director is also fully responsible for the production of tourism promotional videos
which include the pre-production stage, production stage and post-production
stage which is based on the Laissez Faire theory.
