Show simple item record

dc.contributor.advisorNoviana, Deni
dc.contributor.advisorDewi, Fitriya Nur Annisa
dc.contributor.advisorMurtiningrum, Fitria Senja
dc.contributor.authorPermata, Ni Putu Wirananda Ayuning
dc.date.accessioned2024-07-10T05:03:23Z
dc.date.available2024-07-10T05:03:23Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/153405
dc.description.abstractAnjing yang bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN) memiliki program pelatihan rutin yang memerlukan aktifitas fisik tinggi sehingga dapat memengaruhi morfologi jantung anjing. Pemeriksaan ekokardiografi dan elektrokardiografi dilakukan untuk mengetahui gambaran morfologi jantung dan fungsi fisiologisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai parameter ekokardiografi transtoraks dan elektrokardiografi pada anjing ras Belgian Malinois di BNN sehingga hasil yang diperoleh dapat untuk menilai pengaruh aktivitas fisik terhadap perubahan morfologi dan kelistrikan jantung. Penelitian dilakukan pada 21 ekor anjing ras Belgian Malinois berumur 3 sampai 4 tahun yang terdiri dari 13 ekor anjing yang aktif dilatih, dan 8 ekor anjing yang tidak aktif dilatih. Pemeriksaan ekokardiografi dilakukan pada posisi right parasternal short axis view, menggunakan USG Acclarix AX3 dengan microconvex probe frekuensi 2,5-6 MHz. Tipe pencitraan ekokardiografi yang digunakan adalah Brightness (B-) mode dan Motion (M-) mode dengan metode interpretasi Cube method. Pengukuran elektrokardiografi meliputi amplitudo dan durasi gelombang P, interval PR, durasi QRS, amplitudo gelombang R, amplitudo gelombang T, dan interval QT. Hasil ekokardiografi transtoraks menunjukkan adanya peningkatan ketebalan dinding otot ventrikel kiri, peningkatan dimensi ruang jantung, preload dan afterload jantung, serta peningkatan nilai ejection fraction (EF) dan fractional shortening (FS), tanpa disertai dengan kondisi hipertrofi kardiomiopati. Hasil elektrokardiografi menunjukkan peningkatan massa otot ventrikel kiri. Terdapat keterkaitan hasil ekokardiografi dan elektrokardiografi yang ditunjukkan pada anjing ras Belgian Malinois pada kelompok aktif berlatih, yakni peningkatan ketebalan otot ventrikel kiri pada sistol dan diastol namun tidak disertai dengan adanya perubahan fungsi fisiologis.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleMorfometri Ekokardiografi Transtoraks dan Elektrokardiografi Anjing Ras Belgian Malinois di Badan Narkotika Nasional (BNN)id
dc.title.alternativeTransthoracic Echocardiographic Morphometry and Electrocardiography of Belgian Malinois dogs at the National Anti Narcotics Agency (BNN)
dc.typeTesis
dc.subject.keywordBelgian Malinoisid
dc.subject.keywordjantungid
dc.subject.keywordekokardiografi transtoraksid
dc.subject.keywordelektrokardiografiid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record