Studi penetuan tingkat produksi ditinjau dari segi pemasaran : Studi kasus pada sentra industri rotan Balearjosari di Kotamadya Malang
Abstract
Sejak adanya kebijaksanaan pemerintah yaitu dengan dikeluarkannya SK Menteri Perdagangan No. 274/Kp/X/86 mengenai larangan ekspor rotan mentah dan larangan ekspor rotan setengah jadi, maka peluang berkembangnya industri pengolahan barang jadi rotan semakin meningkat.
Kegiatan memproduksi barang dari suatu perusahaan mempunyai tujuan akhir untuk memaksimumkan keuntungan. Salah satu usaha untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan meminimumkan biaya produksi dengan cara mengatur tingkat produksi dari jenis-jenis produk yang memiliki prospek pemasaran yang baik berdasarkan trend permintaan konsumen terhadap produk tersebut. Sebagai langkah pertama dalam menentukan tingkat produksi, terlebih dahulu harus diketahui struktur pasar yang ada, karena bentuk keputusan yang akan diambil seorang pengusaha akan tergantung pada jenis pasar dimana ia berada.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui struktur, perilaku dan keragaan pasar barang jadi rotan di Sentra Industri Rotan Balearjosari di Kotamadya Malang dan (2) mendapatkan jumlah produksi optimal dari jenis-jenis barang jadi rotan yang mempunyai prospek yang positif ditinjau dari segi pemasarannya dalam rangka meminimumkan biaya produksi.
Collections
- UT - Forest Management [2977]