Kepuasan pengunjung terhadap layanan Agroedutourism Institut Pertanian Bogor
View/ Open
Date
2012Author
Prisbitari, Lighar Dwinda
Muntasib, E.K.S Harini
Meilani, Resti
Metadata
Show full item recordAbstract
Agroedutourism Institut Pertanian Bogor (AET IPB) adalah kegiatan wisata di laboratorium ruang dan lapang IPB untuk tujuan studi yang dapat memperluas pengalaman, rekreasi, dan pengetahuan tentang alam dan teknologi pertanian melalui ilmu-ilmu pertanian dalam cakupan luas (AET 2005). AET IPB disahkan oleh rektor IPB pada tahun 2005. Awalnya, AET IPB dibuka untuk kegiatan promosi saja, tetapi sejak tahun 2009 AET IPB mulai dibuka untuk umum dengan tujuan bisnis. Pengunjung AET IPB terdiri dari siswa-siswi TK, SD, SMP, SMA dan guru pendamping sertam ahasiswa dan umum. Sejak tahun 2009 jumlah pengunjung sebagai konsumen AET IPB mengalami peningkatan (AET 2011), yang menunjukkan adanya peningkatan minat dan kepuasan pengunjung. Kepuasan konsumen akan berdampak positif positif terhadap kesan dan pesan yang disampaikan oleh konsumen kepada orang lain serta mempengaruhi motivasi untuk melakukan kunjungan kembali (Kotler dan Armstrong 2008), sehingga perlu dilakukan pengukuran terhadap tingkat kepuasan pengunjung AET IPB.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei Juli 2012 di Kampus IPB Darmaga untuk kelompok pengunjung yang datang pada periode tersebut dan pada lokasi instansi pengunjung. Metode pengumpulan data meliputi studi pustaka, wawancara, dan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis deskriptif.