Show simple item record

dc.contributor.advisorSurjokusumo, Surjono
dc.contributor.advisorSucahyo
dc.contributor.authorMujijat, R. Arus
dc.date.accessioned2024-03-20T01:47:34Z
dc.date.available2024-03-20T01:47:34Z
dc.date.issued1989
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142504
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan kayu di dalam konstruksi pesawat terbang, serta kriteria yang diperlukan bagi kayu untuk dapat digunakan sebagai bahan konstruksi pesawat terbang. Disamping itu melihat sejauh mana kayu Indonesia dapat dipakai sebagai alternatif pengganti kayu spruce. Penelitian dilakukan di bengkel pesawat glider PORTELA JAYA Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Data yang dikumpulkan meliputi bentuk dan ukuran rancang bangun pesawat, bahan komponen yang digunakan, serta jumlah dan ukuran kayu yang digunakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan lapangan, wawancara dan studi pustaka. Analisa data yang dipakai adalah analisa deskripsi secara kualitatif dengan membandingkan beberapa karakteristik lima jenis kayu Indonesia terhadap kayu spruce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat mekanis kayu yang diamati kecuali jeunjing relatif lebih baik dari spruce. Kayu mahoni, kapur, manii dan tusam dapat digunakan sebagai pengganti spruce di dalam pembuatan pesawat terbang khususnya pesawat glider KR-2. Kayu jeunjing cenderung hanya dapat digunakan sebagai komponen struktur penunjang..id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcForestry - Forest productid
dc.titleStudi mengenai penggunaan kayu sebagai bahan konstruksi pesawat terbangid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordkonstruksi pesawat terbangid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record