Show simple item record

dc.contributor.advisorBakhtiar, Toni
dc.contributor.advisorHanum, Farida
dc.contributor.authorSalsabilla, Kamilia
dc.date.accessioned2024-03-13T06:26:47Z
dc.date.available2024-03-13T06:26:47Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/141581
dc.description.abstractDengan meningkatnya kesadaran terhadap emisi gas rumah kaca, masyarakat lebih cenderung menggunakan kendaraan listrik dalam berbagai layanan distribusi. Masalah rute pendistribusian dapat diselesaikan dengan menggunakan Electric Vehicle Routing Problem (EVRP). EVRP merupakan perluasan dari VRP klasik dengan kendala keterbatasan kapasitas baterai sehingga kendaraan listrik diharuskan mengunjungi stasiun penukaran baterai dalam perjalanan. Pada makalah ini akan dijelaskan tentang Multiple Trips Electric Vehicle Routing Problem (MTEVRP) dengan keberadaan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Kendaraan listrik dapat melakukan lebih dari satu kali perjalanan dalam memenuhi permintaan tiap lokasi. Fungsi objektifnya bertujuan meminimumkan konsumsi energi baterai pada kendaraan listrik serta meminimumkan jarak tempuh, di mana kedua hal tersebut berbanding lurus dengan biaya pengiriman maka dengan meminimumkan kedua hal tersebut secara otomatis dapat meminimumkan biaya pengiriman. Permasalahan ini akan diselesaikan dengan metode eksak yaitu Integer Linear Programming.id
dc.description.abstractIn connection with the increasing awareness of greenhouse gas emissions, people are more inclined to use electric vehicles in various distribution services. The distribution route problem can be solved using the Electric Vehicle Routing Problem (EVRP). EVRP is an extension of the classic VRP with the constraint of limited battery capacity so that electric vehicles are required to visit recharging stations on the way. In this study, we will explain the Multiple Trips Electric Vehicle Routing Problem with Battery Swapping Stations. The electric vehicle can make more than one trip to fulfill the demand of each location. The objective function is minimizing the electric vehicle's battery energy consumption and the travel distance, both of which are directly proportional to the shipping cost, so minimizing these two things can automatically minimize the shipping cost. This problem will be solved with an exact method: Integer Linear Programming.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleMasalah Perutean Kendaraan Listrik Multi-Perjalanan dengan Keberadaan Stasiun Penukaran Bateraiid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbattery swapping stationsid
dc.subject.keywordelectric VRPid
dc.subject.keywordexact methodid
dc.subject.keywordmultiple tripsid
dc.subject.keywordMTEVRPid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record