Analisis Kesediaan Membayar Tiket Masuk Wana Wisata Hutan Hujan Sentul, Bogor Berdasarkan Karakteristik Dan Persepsi Pengunjung
Abstract
Kabupaten Bogor merupakan wilayah di Jawa Barat yang memiliki berbagai macam wana wisata yang indah, salah satunya adalah Wana Wisata Hutan Hujan Sentul. Wana Wisata tersebut menempati area hutan pinus seluas 26,7 Hektar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya nilai Willingness to Pay (WTP) pengunjung terhadap penetapan tarif tiket masuk sehingga pengelola dapat memaksimalkan pelayanan serta meningkatkan sarana dan prasarana Wana Wisata Hutan Hujan Sentul. Uji hipotesis dilakukan dengan uji statistik T dengan bantuan program SPSS untuk mengetahui pengaruh karakteristik dan persepsi pengunjung terhadap WTP. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besaran nilai WTP yang mampu dibayarkan oleh wisatawan Wana Wisata Hutan Hujan Sentul berada pada nilai rata-rata sebesar Rp11.818 per orang. Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya WTP adalah variabel asal wisatawan (X1), dan biaya untuk mengunjungi lokasi wisata (X4). Sedangkan variabel pendidikan (X2) dan pendapatan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap besarnya nilai Willingness to Pay The Bogor Regency is an area in West Java that has various beautiful nature attractions, one of which is the Hutan Hujan Sentul Tourism. This nature tourism area covers a 26.7 hectares pine forest. The purpose of this study is to measure Willingness to Pay (WTP) for the entrance ticket for enhancing and improving services and infrastructure facilities of the Hutan Hujan Sentul Tourism. Hypothesis testing was carried out using the T statistical test using the SPSS program to determine the influence of visitor characteristics and perceptions on WTP. Data collection was carried out using questionnaires. The research results indicate that the average WTP that tourists are willing to pay for the Hutan Hujan Sentul Tourism is IDR 11,818 per person. The factors that influence the amount of WTP are the tourist origin variable (X1) and the travel costs variable (X4), while the education (X2) and income (X3) variables have no effect on the value of Willingness to Pay.
Collections
- UT - Forest Management [2977]