Show simple item record

dc.contributor.advisorRachmaniah, Meuthia
dc.contributor.advisorHerdiyeni, Yeni
dc.contributor.authorNurwulan
dc.date.accessioned2024-01-11T07:46:54Z
dc.date.available2024-01-11T07:46:54Z
dc.date.issued2004
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134483
dc.description.abstractKemajuan dalam bidang elektronika diantaranya komputer telah membawa pengaruh yang cukup besar dalam bidang pendidikan, diantaranya pengembangan Perangkat Ajar Berbantuan Komputer (PBK). PBK telah membuktikan manfaatnya untuk membantu guru dalam mengajar dan membantu murid dalam belajar. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan PBK tingkat SLTP untuk mempelajari dimensi tiga. Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini menggunakan langkah-langkah pengembangan sistem menurut Roblyer dan Hall. Materi dimensi tiga merupakan materi yang dalam penyampaiannya membutuhkan banyak alat peraga dan memerlukan daya abstraksi yang tinggi untuk memahaminya. Kesulitan yang dihadapi guru dalam menerangkan materi dan kesulitan yang dihadapi siswa untuk memahaminya menjadi dasar perancangan PBK. PBK yang dikembangkan memiliki beberapa fasilitas, diantaranya fasilitas tutorial untuk membantu siswa mempelajari materi, fasilitas latihan untuk membantu siswa melihat sejauh mana penguasaan terhadap materi, serta fasilitas permainan untuk meningkatkan daya abstraksi siswa. PBK yang dikembangkan dapat dijadikan alternatif untuk mempelajari dimensi tiga, namun bukan berarti dapat menggantikan peran guru, tetapi hanya sebagai alat bantu.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcKomputerid
dc.titlePengembangan perangkat ajar berbantuan komputer : studi kasus materi dimensi tiga SLTPid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record