Show simple item record

dc.contributor.advisorTrison, Soni
dc.contributor.authorMujaddid, Imam
dc.date.accessioned2024-01-09T06:30:01Z
dc.date.available2024-01-09T06:30:01Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134228
dc.description.abstractPembentukan kelompok usaha perhutanan sosial yang berkembang dalam program perhutanan sosial diharap mampu meningkatkan kapasitas usaha untuk tercapainya kesejahteraan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan perhutanan sosial di HKm Solok Radjo dan merumuskan pengembangan usaha yang tepat di HKm Solok Radjo. Metode yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan responden 55 anggota HKm Solok Radjo dan 16 lembaga pemasaran. Pengelolaan HKm Solok Radjo dilakukan pada hasil hutan yang dipungut dari dalam hutan dan tanaman budidaya pada lahan garapan HKm. Pola tanam agroforestri hanya ditemui pada tanaman kopi yang dikombinasikan dengan lamtoro. Pengelolaan yang dilakukan oleh petani meliputi kegiatan penyiapan lahan, pengadaan bibit, penanaman, pemeliharaan, pemanenan dan pemasaran. Saluran pemasaran yang efisien jika memiliki saluran pemasaran yang lebih pendek, margin pemasaran yang lebih sedikit, farmer’s share yang besar dan rasio keuntungan terhadap biaya yang merata. Maka, petani perlu menjual langsung hasil tani kepada konsumen dan mengolah produknya sehingga mendapatkan nilai tambah. Kata kunci: pemasaran, pengelolaan, pengembangan usaha, perhutanan sosialid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengembangan Usaha Perhutanan Sosial di HKm Solok Radjo, Nagari Aie Dingin, Kabupaten Solok, Sumatera Baratid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordmarketingid
dc.subject.keywordmanagementid
dc.subject.keywordbusiness developmentid
dc.subject.keywordsocial forestryid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record