Show simple item record

dc.contributor.advisorSeminar, Kudang Boro
dc.contributor.advisorBuono, Agus
dc.contributor.authorYulherniwati
dc.date.accessioned2024-01-03T04:07:24Z
dc.date.available2024-01-03T04:07:24Z
dc.date.issued2000
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133621
dc.description.abstractBerkembangnya perdagangan secara elektronis memungkinkan pelanggan memesan produk dari jarak jauh melalui media-media elektronik seperti telepon. Pemesanan produk via telepon sangat potensial untuk dikembangkan. Penelitian ini merupakan upaya pengembangan pemesanan produk via telepon dengan memanfaatkan komputer sebagai pusat penerimaan, pengolahan dan penyimpanan data. Penelitian ini merupakan studi kasus di Toko Primandiri - Bogor. Sistem yang dirancang dan dibangun adalah Sistem Antarmuka Pemesanan Produk via Telepon yang diberi nama Sisprotel. Sisprotel memanfaatkan suatu perangkat antarmuka yang bekerja sebagai penghubung antara pelanggan (telepon pemanggil) dan komputer, penerjemah sinyal telepon menjadi kode digital yang dapat dimengerti oleh komputer, dan penyalur suara dari komputer ke telepon pemanggii. Perangkat antarmuka dihubungkan ke saluran telepon terpanggil secara paralel dan dihubungkan dengan komputer melalui port paralel. Sisprotel dibangun dengan perangkat lunak Microsoft Visual C++ 5.0, Microsoft Access 97, Jet Audio dan Sound Recorder. Sisprotel dioperasikan pada personal computer (PC) (yang dilengkapi dengan sound card dan PPI card) dan dihubungkan dengan perangkat antarmuka serta saluran telepon bebas. Sisprotel minimal bekerja dibawah sistem operasi Windows 95 yang dilengkapi Microsoft Access 97. Sisprotel mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut: menerima input pemesanan dari penekanan panel tekan telepon, memberikan tuntunan dalam pemesanan produk, memeriksa kevalidan input data dengan melakukan pemeriksaan ke basis data sistem, mencegah dan menangani kesalahan input data dari pelanggan, memberikan informasi tentang total pembayaran, menyimpan hasil pemesanan ke dalam basis data dan menyediakan informasi pemesanan bagi pengelola toko. Sisprotel dapat mengurangi penggunaan dokumen dan arsip, dapat mempersingkat proses pemasukan data ke komputer, dapat dilakukan tanpa menyiapkan staf khusus penerima pesanan, dapat dilakukan di luar jam kerja, dan dapat menghasilkan data pemesanan yang akurat dalam tempo yang relatif singkat. Di samping keunggulan-keunggulan tersebut, Sisprotel memiliki beberapa keterbatasan antara lain: bersifat single-user, dan instruksi pemesanan tidak dapat disela pemasukan input data. Sisprotel dapat dikembangkan lebih lanjut agar memungkinkan penggunaan oleh banyak pengguna serta memungkinkan pemberian instruksi pemesanan dan penerimaan input data berjalan secara simultan. Untuk mengimplementasikan sistem dalam operasional, hendaknya dilakukan studi kelayakan berdasarkan aspek teknis, operasional dan ekonomis yang menilai apakah sistem dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dan kebijakan yang berlaku.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleSistem antarmuka pemesanan produk via telepon : Studi kasus di toko Primandiri, PKPRI Kodya Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record