Show simple item record

dc.contributor.advisorRambe, Abdurrauf
dc.contributor.advisorKustiyo, Aziz
dc.contributor.authorSianturi, Susy Katarina
dc.date.accessioned2023-12-28T03:44:08Z
dc.date.available2023-12-28T03:44:08Z
dc.date.issued2003
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133408
dc.description.abstractMatematika sebagai mata ajaran yang mengedepankan logika berpikir masih dianggap sebagai momok dan harus dihindari. Penggunaan komputer dalam kegiatan belajar mengajar untuk bidang ilmu Matematika adalah salah satu alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan di atas. Untuk mengetahui kebutuhan pengguna maka dilakukan survei dengan menyebarkan kuesioner. Berdasarkan hasil kuesioner, materi Trigonometri dipilih sebagai studi kasus dalam penelitian ini.. Namun untuk keperluan animasi sistem, maka materi Trigonometri tersebut hanya mencakup pokok bahasan Perbandingan dan Fungsi Trigonometri. Sistem PBK dibangun dengan menggunakan tahapan dalam Model Perancangan Sistem Pengajaran Berbantuan Komputer. Sistem yang dibangun terdiri dari dua modul yaitu Modul Pengenalan dan Modul Tes. Modul Pengenalan digunakan oleh user untuk mempelajari materi sedangkan Modul Tes digunakan untuk latihan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini dapat membantu pelajar untuk memahami materi yang diajarkan, sistem juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk mempelajari Trigonometri selain hanya belajar dari buku. Namun sistem ini masih memiliki banyak kekurangan dan perlu untuk lebih dikembangkan, seperti penggunan elemen multimedia yang lebih lengkap, penambahan efek suara yang sesuai untuk gambar animasi, pembuatan gambar animasi untuk menggambarkan kejadian- kejadian yang bergerak, kemungkinan untuk menyertakan lebih banyak soal-soal Trigonometri dari ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SPMB) dan pemilihan soal-soal latihan didasarkan pada analisis tingkat kesulitan soal. Penggunaan komputer dalam sistem yang dikembangkan oleh penulis hanya berfungsi sebagai sarana penunjang, sementara fungsi pengajaran tetap berada di tangan tenaga pengajar.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcComputer scienceid
dc.titleSistem pengajaran berbantuan komputer berbasis multimedia : studi kasus: perbandingan dan fungsi trigonometri mata pelajaran matematika SMU)id
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record