Show simple item record

dc.contributor.advisorHidayati, Rini
dc.contributor.advisorRatag, Mezak A.
dc.contributor.authorKingkin, Zacharias Wuragil Brasta
dc.date.accessioned2023-11-09T04:08:11Z
dc.date.available2023-11-09T04:08:11Z
dc.date.issued2000
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131387
dc.description.abstractJakarta adalah kota metropolitan dengan lalu lintas sangat padat. Kondisi tersebut diperparah lagi dengan kenyataan bahwa bahan bakar bensin di Indonesia selain paling murah, juga termasuk yang paling kotor di dunia. Dengan demikian sangat jelas bahwa sektor transportasi (terutama untuk kota Jakarta) memberikan sumbangan atau kontribusi yang cukup besar terhadap pendegradasian kualitas udara yang terjadi. Penelitian ini bertujuan mempelajari dispersi polutan NO, dari lalu lintas Jl. M. Husni Thamrin Jakarta, dilakukan dengan menggunakan aplikasi Lagrangian Atmospheric Dispersion Model (LADM) yang telah terbukti sahih dan efisien dalam proyek-proyek perencanaan tata ruang maupun prevensi dampak di Australia. Filipina dan Hongkong. Keluaran dari model ini ialah (1) medan angin mesoscale untuk beberapa ketinggian termasuk 100 m di atas permukaan laut. (2) dispersi partikel. (3) konsentrasi pada permukaan di sekitar lokasi sumber. dan (4) visualisasi tiga dimensi dari proses pengangkatan ataupun pendeposisian partikel ke dan dari atmosfer. Dari hasil simulasi tanggal 15 dan 16 Desember 1995 diketahui bahwa dispersi polutan NO dari sumber lalu lintas JI. M. Husni Thamrin Jakarta mengalami variasi diurnal sesuai dengan resultan arah-arah angin di dalam medan angin. yaitu angin yang berasal dari arah Timur. angin laut (sea breeze), angin darat (drainage flow), dan angin yang terjadi akibat gradasi tekanan di dalam kota. Kontur konsentrasi di permukaan terlihat dalam radius empat kilometer dari sumber. Dengan input kepadatan lalu lintas yang konstan sepanjang hari didapatkan konsentrasi maksimum permukaan tertinggi per jam terjadi saat inversi suhu pada pukul 24:00 LST sebesar 530 ug m³. Konsentrasi terendah terjadi saat lapse pada pukul 15:00 LST sebesar 7 ug m³. Perbandingan terhadap hasil observasi langsung pada lokasi yang sama. didapatkan polusi NO, hasil simulasi LADM dari lalu lintas JL. M. Husni Thamrin memberikan kontribusi sebesar 34.5% dari konsentrasi ambien. Besar koefisien korelasi antara nilai konsentrasi NO, hasil simulasi dengan nilai konsentrasi NO, hasil observasi langsung ialah 0.33 dan berdasarkan ujit student's korelasi tersebut nyata untuk a sebesar 0.2.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcGeophysics and Meteorologyid
dc.titleDispersi polutan NOx dari sumber garis lalu lintas JL. M. Husni Thamrin-Jakarta berdasarkan simulasi "Lagrangian atmospheric dispersion model (LADM)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordSimulationid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record