Show simple item record

dc.contributor.advisorRachmaniah, Meuthia
dc.contributor.advisorWigena, Aji Hamim
dc.contributor.authorVarentiningrum, Yanke
dc.date.accessioned2023-11-01T06:23:32Z
dc.date.available2023-11-01T06:23:32Z
dc.date.issued2001
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129699
dc.description.abstractMetode pengajaran terus berkembang mulai dari metode sederhana sampai penggunaan teknologi, termasuk komputer. Banyak penelitian dilakukan untuk menyelidiki bagaimana teknologi komputer dapat memajukan dunia pendidikan. Komputer dalam dunia pendidikan terbagi atas bidang non pengajaran dan pengajaran. Pengajaran Berbantuan Komputer (Computer Assisted Instruction) termasuk ke dalam kategori penerapan komputer di bidang pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, merancang, dan membangun sistem pengajaran berbantuan komputer yang dapat digunakan oleh dosen untuk menyampaikan materi kuliah dan latihan soal serta dapat membantu mahasiswa untuk mempelajari materi kuliah. Untuk mengetahui kebutuhan pengguna dan mendapatkan saran-saran bagi pengembangan sistem, dilakukan penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil kuesioner, materi kuliah Struktur Data dipilih sebagai studi kasus dalam penelitian ini. Sistem Pengajaran Berbantuan Komputer dibangun dengan menggunakan tahapan dalam Model Perancangan Pengajaran Berbantuan Komputer. Sistem yang dibangun terdiri dari dua modul yaitu Modul Pembangkit Soal dan Modul Perangkat Ajar. Modul Pembangkit Soal digunakan oleh dosen untuk memasukkan materi pelajaran dan latihan soal sedangkan Modul Perangkat Ajar digunakan oleh mahasiswa untuk mempelajari materi kuliah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan komputer sebagai metode pengajaran memungkinkan para siswa mengatur kecepatan belajar, banyaknya pelajaran, dan urutan pelajaran. Namun, penggunaan komputer sebagai alat pengajaran belum dapat menggantikan peran dosen/pengajar. Hal ini disebabkan adanya faktor-faktor yang hanya dimiliki manusia seperti pemberian motivasi, bimbingan dan pendekatan. Maka komputer hendaknya dipandang sebagai pelengkap pengajaran dan bukan pengganti peran dosen/pengajar.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcComputer Scienceid
dc.subject.ddcStructure Lectureid
dc.titlePengembangan sistem pengajaran berbantuan komputer: Studi kasus materi kuliah struktur dataid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordPBKid
dc.subject.keywordtipe PBKid
dc.subject.keywordmodul sistemid
dc.subject.keywordhypertextid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record