dc.contributor.advisor | Ardiansyah, Firman | |
dc.contributor.author | Romadona, Iis Saisaria | |
dc.date.accessioned | 2023-10-26T23:38:04Z | |
dc.date.available | 2023-10-26T23:38:04Z | |
dc.date.issued | 2015 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128688 | |
dc.description.abstract | Permainan seperti mobile games atau permainan komputer saat ini telah
berkembang sebagai media pembelajaran dan dikenal sebagai permainan edukasi.
Permainan edukasi digunakan sebagai media pembelajaran karena memiliki unsur
pendidikan, unsur kreativitas serta mendukung pengembangan berpikir kritis pada
anak. Sebagian besar game publisher besar di Indonesia lebih memilih fantasy
games yang hanya bersifat sebagai sarana hiburan. Hal ini membuat permainan
edukasi menjadi tipe permainan yang jarang diperhatikan di kalangan pemain
games di Indonesia. Evaluasi dibutuhkan sebagai acuan dalam pengukuran
kegunaan dan fungsi-fungsi utama dalam pembuatan sebuah games. Skripsi ini
meneliti 10 permainan edukasi di Indonesia dengan menggunakan evaluasi
playability heuristics. Hasil dari penelitian ini adalah mengidentifikasi poin-poin
evaluasi yang berdampak signifikan bagi permainan edukasi di Indonesia. Ratarata
dari 10 games yang telah dievaluasi memiliki persentase game usability
heuristics sebesar 83.15%, mobility heuristics sebesar 72.5% dan gameplay
heuristics sebesar 63.33%. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB (Bogor Agricultural University) | id |
dc.subject.ddc | Mathematics and Natural Sciences-Computer Science | id |
dc.title | Evaluasi Permainan Edukasi Mobile Indonesia Menggunakan Playability Heuristics | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | educational games | id |
dc.subject.keyword | mobile games | id |
dc.subject.keyword | playability heuristics | id |