Perancangan user experience KRB Apps menggunakan five planes user experience elements
Abstract
Keterbatasan informasi lokasi objek wisata di Kebun Raya Bogor (KRB) membuat pengunjung kesulitan mencari rute menuju objek wisata. KRB Apps adalah aplikasi mobile yang membantu pengguna menemukan rute terpendek menuju objek wisata di KRB berdasarkan lokasi pengguna secara real-time. Penelitian ini berfokus pada pengembangan user experience (UX) menggunakan metode five plane user experience elements. Metode tersebut diawali dengan analisis kebutuhan pengguna dan tujuan bisnis stakeholder pada lapisan strategy plane. Penentuan fitur dan spesifikasi fungsional dilakukan pada lapisan scope plane. Hierarchical task analysis (HTA) digunakan dalam perancangan interaksi dan analisis task pada lapisan structure plane. Pembuatan prototipe low fidelity dan medium fidelity masing-masing dilakukan pada lapisan skeleton plane dan surface plane. Prototipe low fidelity dan medium fidelity dievaluasi menggunakan metode think-aloud evaluation. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, terdapat beberapa icon yang sulit dimengerti dan terdapat beberapa interaksi yang tidak sesuai dengan ekspektasi pengguna. Meskipun begitu, partisipan mengapresiasi tampilan visual prototipe dan pengalamannya pada saat menggunakan kedua metode navigasi (navigasi suara dan navigasi augmented reality) pada prototipe KRB Apps.
Collections
- UT - Computer Science [2250]