Pengalaman Pembelajaran Anatomi Veteriner dengan Bahan Ajar Teknologi Virtual Reality
Date
2023-09-06Author
Savitri, Hany
Agungpriyono, Srihadi
Purnawarman, Trioso
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran anatomi veteriner dalam studi kedokteran hewan didukung
oleh kegiatan praktikum menggunakan kadaver pada laboratorium. Penggunaan
kadaver sebagai materi pembelajaran menjadi standar emas untuk meningkatkan
pemahaman mahasiswa. Perkembangan teknologi termasuk teknologi realitas maya
menyediakan pilihan alternatif sebagai media pembelajaran. Penggunaan teknologi
virtual sekaligus mengurangi kelemahan dalam penggunaan kadaver. Metode ini
juga dapat membawa pengguna untuk merasakan pengalaman di dalam dunia maya
dan dapat mempelajari bahan materi secara mandiri di mana saja dan kapan saja.
Penelitian ini mengembangkan prototipe sistem pembelajaran dengan osteologi
tulang kuda dalam teknologi virtual dengan akses virtual reality yang terintegrasi
dalam situs dengan metode embed sehingga pengguna dapat mengakses situs
melalui berbagai perangkat seperti komputer, ponsel, dan headset VR. Prototipe
berhasil lulus uji pengalaman pengguna dengan basis metode UEQ dengan hasil
dapat diterima sebagai media alternatif pembelajaran anatomi veteriner pada daya
tarik, kualitas pragmatis yaitu efisiensi, kejelasan, ketepatan, juga dari kualitas
hedonis yaitu stimulasi dan kebaruan The learning of veterinary anatomy in veterinary education is generally supported
by practical exercises on animal cadavers performed in a specific laboratory. The use of
cadavers as teaching materials is a gold method standard to improve students
understanding. On the other hand, the development of technology, including virtual reality
technology, provides an alternative to learning methods. By using virtual technology, the
disadvantages of using animal cadavers are compensated at the same time. This method
can also make users feel like they are in a virtual world and enable independent learning at
any place and time. In this research, we developed a prototype learning system using VR
technology applied to the skeletal model of a horse bone. To enable easy access, the VR is
integrated into the access channel on the website so that users can access it through various
hardware devices such as computers, smartphones, and VR glasses. In this research, we
found that the prototype successfully passed the user experience test based on the UEQ
method and therefore can be accepted as an alternative medium for learning veterinary
anatomy in terms of attractiveness, pragmatic quality such as efficiency, perspicuity,
dependability, also from hedonic quality such as stimulation and novelty