dc.description.abstract | Analisis data preferensi seringkali dilakukan dalam bidang
riset pemasaran. Salah satu bentuk analisis ini adalah pendugaan
kurva sensitivitas harga, Kurva sensitivitas harga sangat diperlukan
dalam strategi penetapan harga, Salah satu metode untuk
menduga kurva sensitivitas harga diberikan oleh Huisman (1991),
Kelemahan metode yang digunakan oleh Huisman tersebut antara
lain: sifat k etakbiasan dugaannya tidak diketahui, ragam penduganya
sulit ditentukan, faktor interaksi sulit masuk ke dalam
model, masih dihadapkan pada masalah penskoran, dan proses komputasinya
membutuhkan waktu yang lama.
Metode lain yang di tawarkan sebagai al ternati f pendugaan
kurva sensi ti vi tas harga dalam studi ini adalah model linear
terampat (Generalized Linear Models atau GLM), GLM berbasis pada
metode kemungkinan maksimum yang sifat dugaannya diketahui dan ·
memiliki ragam minimum. Pada GLM, faktor interaksi mudah dimasukkan
ke dalam model dan kita tidak dihadapkan pada masalah penskoran. Potensi GLM u:ntu:k pendugaan kurva. sensitivi ta.s harga
ditelaah di dalam studi ini. ... | id |