dc.contributor.advisor | Ardiansyah, Firman | |
dc.contributor.advisor | Asfarian, Auzi | |
dc.contributor.author | Alfarizi, Nabil Raihan | |
dc.date.accessioned | 2023-07-21T07:49:55Z | |
dc.date.available | 2023-07-21T07:49:55Z | |
dc.date.issued | 2023-07 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122384 | |
dc.description.abstract | Tim pengembang aplikasi Zikirin menggunakan metode manajemen
pengembangan perangkat lunak Scrum, tetapi masih menggunakan metode sprint
retrospective dengan menjawab pertanyaan “Apa yang sudah berjalan dengan
baik?” dan “Apa yang harus di-improve?” melalui platform Notion. Metode sprint
retrospective ini tidak bisa menjelaskan aktivitas-aktivitas apa saja yang perlu
dipertahankan, diperbanyak, dikurangi, dimulai, dan dihindari tim pengembang
aplikasi Zikirin pada sprint berikutnya. Pada sprint keenam, peneliti berhasil
menerapkan game-based retrospective: Starfish kepada tim pengembang aplikasi
Zikirin secara daring melalui perangkat lunak kolaboratif Figma dan Zoom untuk
melihat evaluasi sprint yang telah dilakukan oleh tim pengembang aplikasi Zikirin
secara lebih rinci dan detail. Metode game-based retrospective: Starfish yang
diterapkan pada sprint keenam ini dapat mengetahui aktivitas-aktivitas yang perlu
dipertahankan, diperbanyak, dikurangi, dimulai, dan dihindari pada sprint
selanjutnya selama proses pengembangan aplikasi Zikirin. | id |
dc.description.abstract | The Zikirin application development team utilizes the Scrum software
development management method, but still uses the sprint retrospective method by
answering the questions "What went well?" and "What needs improvement?"
through the Notion platform. This sprint retrospective method cannot explain the
specific activities that need to be maintained, increased, decreased, started, and
avoided by the Zikirin application development team in the next sprint. In the sixth
sprint, the researcher successfully implemented a game-based retrospective:
Starfish to the Zikirin application development team through the collaborative
software Figma and Zoom to obtain a more detailed evaluation of the sprint
conducted by the Zikirin application development team. The game-based
retrospective method: Starfish implemented in this sixth sprint can identify the
activities that need to be maintained, increased, decreased, started, and avoided in
the next sprint during the Zikirin application development process. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Penerapan Scrum dengan Game-Based Retrospective: Starfish dalam Pengembangan Aplikasi Zikirin | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | perangkat lunak | id |
dc.subject.keyword | retrospeksi | id |
dc.subject.keyword | Scrum | id |
dc.subject.keyword | Zikirin | id |