Show simple item record

dc.contributor.advisorNurhadryani, Yani
dc.contributor.advisorRachmaniah, Meuthia
dc.contributor.authorTasnim, Hana
dc.date.accessioned2023-07-20T06:23:16Z
dc.date.available2023-07-20T06:23:16Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122282
dc.description.abstractPada saat ini, masih banyak desa yang belum menerapkan inovasi desa digital sehingga penting untuk mengumpulkan informasi desa digital beserta inovasinya ke dalam sebuah platform berbasis sistem manajemen pengetahuan. Platform ini bertujuan untuk memudahkan desa mengadopsi inovasi seperti desa lain. Usability platform juga berpengaruh dalam penerimaan informasi oleh pengguna. Oleh karena itu, dilakukan penelitian menggunakan Lean UX untuk merancang sistem manajemen pengetahuan yang mudah dimengerti. Metode Lean UX meliputi dari fase riset, perancangan tampilan platform, hingga testing. Hasil dari penelitian ini berupa hipotesis dari hasil asumsi, proto-persona, solusi berupa fitur-fitur untuk menjawab hipotesis yang telah dibuat, prototipe medium-fidelity, dan pengujian. Pengujian ini dilakukan dengan tiga mahasiswa yang pernah KKN dan tiga masyarakat desa. Hasil pengujian dari mahasiswa menunjukkan bahwa dua hipotesis terjawab, sedangkan dari masyarakat desa menunjukkan bahwa ketiga hipotesis terjawab. Perbedaan ini dikarenakan adanya perbedaan cara penggunaan platform antara mahasiswa dan masyarakat desa. Setelah penelitian ini, disarankan untuk memperbaiki prototipe dan melakukan tahap pengujian kembali.id
dc.description.abstractCurrently, there are numerous villages that have yet to embrace digital village innovations. Therefore, it is crucial to gather information on digital villages and their respective innovations within a knowledge management system-based platform. This platform aims to facilitate villages adopting other village innovations. The usability of the platform also affects the acceptance of information by users. Therefore, this research is using Lean UX to design a knowledge management system that is easy to understand. Lean UX is already including research phase, design the interface, and testing. The outcomes of this research are hypotheses derived from assumptions, proto-persona, some features, medium-fidelity prototype, and user testing. The testing involved three KKN students and three villagers. The results of the testing from the students indicated that two hypotheses validated, while from the villagers, all three hypotheses validated. This difference is due to variations in platform usage between the students and the villagers. After this research, it is recommended to refine the prototype and conduct further testing phases.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePerancangan Pengalaman Pengguna Sistem Manajemen Pengetahuan Inovasi Desa Digitalid
dc.title.alternativeDesigning the User Experience of the Digital Village Innovation Knowledge Management Systemid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keyworddigital village innovationid
dc.subject.keywordknowledge management systemid
dc.subject.keywordlean uxid
dc.subject.keyworduser experienceid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record