| dc.contributor.advisor | Asfarian, Auzi | |
| dc.contributor.advisor | Nurhadryani, Yani | |
| dc.contributor.author | Sulaiman, Muhammad Yuda | |
| dc.date.accessioned | 2023-07-18T08:09:28Z | |
| dc.date.available | 2023-07-18T08:09:28Z | |
| dc.date.issued | 2023 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122217 | |
| dc.description.abstract | Virtual reality atau VR adalah teknologi next-generation yang
memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman virtual yang sangat
realistis dan mendalam. Menggunakan konsep VR dan fitur yang memungkingkan
penggunanya berinteraksi seperti di dunia nyata terlihat efektif untuk meningkatkan
ketertarikan terhadap berbagai bidang, terutama sektor agrikultur yang semakin
sepi akan peminat. Pada penelitian ini, peneliti akan merancang aplikasi
berteknologi VR interaktif berlatar Greenhouse I-Surf IPB sebagai pembelajaran
imersif pada bidang agrikultur terhadap pelajar. Penelitian ini dikembangkan
menggunakan Unity dan dieksekusi menggunakan perangkat Oculus Quest 2 yang
terbagi menjadi 4 fase pengembangan dengan metode game development life cycle
(GDLC) yaitu initiation, production, pre-production, dan testing. Pengguna dapat
menjelajahi I-Surf bersama mekanik permainan berupa mencari peralatan pertanian
dan juga menumbuhkan tanaman secara sederhana. Aplikasi berhasil
dikembangkan dan berhasil melewati Testing menggunakan metode black-box
tanpa adanya masalah teknis maupun terkait perangkat VR terhadap aplikasi yang
dikembangkan, sehingga menunjukkan potensi pengembangan sektor pembelajaran
menggunakan teknologi VR kedepannya | id |
| dc.description.abstract | Virtual reality is a next-generation technology that allows users to experience
highly realistic and immersive virtual environments. Utilizing the concept of VR
that simulates real-world interactions appears to be effective in generating interest
in various fields, particularly the agriculture sector. In this research, the researcher
will design an interactive VR application based on I-Surf IPB Greenhouse as an
immersive learning tool for agriculture among students. The research will be
developed using Unity with Oculus Quest 2 device. There are four development
phases: initiation, production, pre-production, and testing, following a simplified
version of the game development life cycle (GDLC). Users can explore I-Surf with
gameplay mechanics such as searching for farming equipment and growing plants
in a simple manner. The application has been successfully developed and passed
the black-box testing without any technical issues or problems related to the VR
device and the developed application. This demonstrates the potential for future
development of the education sector using VR technology. | id |
| dc.language.iso | id | id |
| dc.publisher | IPB University | id |
| dc.title | Pengembangan Virtual Reality untuk Pembelajaran Imersif pada Greenhouse Kampus IPB | id |
| dc.title.alternative | Development of Virtual Reality for Immersive Learning in the Greenhouse of IPB Campus | id |
| dc.type | Undergraduate Thesis | id |
| dc.subject.keyword | edukasi agrikultur | id |
| dc.subject.keyword | virtual reality | id |
| dc.subject.keyword | pembelajaran imersif | id |