Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarno, Hadi
dc.contributor.advisorSianturi, Paian
dc.contributor.authorNoviyanti, Lisa
dc.date.accessioned2023-07-04T13:37:24Z
dc.date.available2023-07-04T13:37:24Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120779
dc.description.abstractMobilitas masyarakat yang semakin meningkat dan mudahnya kepemilikan kendaraan bermotor disinyalir menyebabkan kepadatan lalu lintas. Hal ini mengakibatkan meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kematian, kecacatan dan kerugian material. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menemukan penyebab dan menentukan fungsi sebaran kecelakaan lalu lintas di Provinsi Bengkulu dengan menggunakan analisis fault tree secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis fault tree adalah analisis kegagalan dengan pendekatan dari atas yang dimulai dari event tidak diinginkan yang disebut Top event. Bagan fault tree di bangun dengan menelusuri semua cabang event yang dapat berkontribusi terhadap Top event baik dari event tunggal atau event majemuk pada tingkat yang lebih rendah dengan menggunakan simbol dalam Aljabar. Setelah fault tree selesai dibangun, analisis kualitatif atau kuantitatif dapat dilakukan. Untuk membangun fault tree dibutuhkan data dan pengetahuan yang luas tentang sistem. Dalam hal ini kecelakaan lalu lintas di Provinsi Bengkulu adalah suatu sistem. Sehingga terdapat kemungkinan fault tree berbeda untuk Top event yang sama. Analisis kualitatif dilakukan untuk mereduksi events jika pada fault tree terdapat events yang berulang. Analisis ini menggunakan aljabar Boole. Hasil analisis kualitatif adalah events minimal yang menyebabkan Top event terjadi. Analisis kuantitatif dapat dilakukan secara deterministik dan stokastik. Analisis deterministik dilakukan dengan menghitung nilai peluang Top event berdasarkan simbol fault tree yang digunakan. Hasil analisis ini memberikan informasi penyebab utama terjadinya suatu kejadian yang tidak diinginkan. Sedangkan analisis stokastik dilakukan dengan simulasi Monte Carlo. Berdasarkan hasil analisis ini akan diperoleh informasi tentang sebaran masing-masing event. Penelitian ini menggunakan data jumlah kecelakaan lalu lintas di Provinsi Bengkulu selama tahun 2012. Data tersebut diperoleh berdasarkan penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, yaitu faktor manusia, faktor jalan dan faktor kendaraan. Berdasarkan data maka dibangun fault tree dengan Top event yang didefinisikan sebagai Kecelakaan Lalu lintas di Provinsi Bengkulu Tahun 2012. Analisis kualitatif menyimpulkan bahwa semua Basic event merupakan event minimal yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas di Provinsi Bengkulu. Analisis deterministik menyimpulkan bahwa faktor manusia yang tidak tertib merupakan penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas di Provinsi Bengkulu. Sedangkan analisis stokastik dengan asumsi Basic event menyebar Poisson memberikan hasil sebaran Intermediate event sampai Top event. Dengan demikian informasi selang kepercayaan terkait kecelakaan lalu lintas. Selang kepercayaan untuk rata-rata kecelakaan lalu lintas di Provinsi Bengkulu adalah 772 ± 17 event per tahun. Kecelakaan lalu lintas terjadi sebanyak 2 sampai 3 event kecelakaan perhari.id
dc.description.abstractThe increase of human mobility and ease of ownership of motor vehicles were considered as causes of traffic accidents, especially in the Bengkulu province. Traffic accidents can lead to death, disability and other losses. Therefore, it is necessary to identify the traffic accident in the province of Bengkulu using the fault tree analysis. This study aims to apply the fault tree analysis on traffic accidents in the province of Bengkulu. Fault tree analysis is a failure analysis using top-down approach starting from undesirable events, called Top event. The fault tree analysis was constructed by tracing through all branches of events that contributes to the Top event either of a single or combination of events at a lower level using simbols of algebra. Further, after the fault tree is completed, then the qualitative or quantitative analysis were conducted. The fault tree analysis requires extensive data and knowledge about the system of traffic accident in the province of Bengkulu. The qualitative analysis was conducted to avoid redundant events. This analysis using tools in the Boolean algebra. The qualitative analysis result were the list of events causing the Top events took place. The quantitative analysis can be done in deterministic and stochastic method. The deterministic analysis done by determining the probability Top events directly based on the symbol fault tree used. The analysis of stochastic conducted via Monte Carlo simulations. This study used the data of the number of traffic accidents in the province of Bengkulu in 2012. The data based on the cause of the traffic accident, includes: human, roads and vehicle factors. Further, the data were used to build the fault tree with Top event is the Traffic Accident in the province of Bengkulu in 2012. The deterministic analysis concluded that the human factor is the major cause of traffic accidents in the province of Bengkulu. Based on the stochastic analysis with an assumption that the Basic events obey the Poisson distribution. The average traffic accident in the province of Bengkulu was 772 per year with a standard deviation of 17 events. Therefore, the traffic accident occured between 2 to 3 accidents per day.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcMathematicsid
dc.subject.ddcAlgebraid
dc.titleAnalisis Fault Tree dan aplikasinya pada masalah kecelakaan lalu lintas di Provinsi Bengkuluid
dc.title.alternativeFault Tree Analysis and Its Application to Traffic Accident in the Province of Bengkulu.id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordfault tree analysisid
dc.subject.keywordMonte Carlo simulationid
dc.subject.keywordtraffic accidentsid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record